Layanan

Layanan HKI Menyeluruh

Pusat Inovasi LIPI merupakan salah satu satuan kerja di Indonesia yang telah mengintregasikan layanan penelusuran, penulisan, pendaftaran dan pemeliharaan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) secara menyeluruh dengan proses komersialisasinya. Dengan layanan terintregasi ini, sangat dimungkinkan proses komersialisasi teknologi unggulan dari hasil penelitian dan pengembangan di LIPI menjadi lebih kompeten dan memiliki daya saing yang tinggi.

Langkah Komersial

Pusat Inovasi LIPI mefasilitasi berbagai penelitian unggulan LIPI melalui berbagai tahapan sesuai dengan tahapan penelitian itu sendiri. Jika penelitian masih dalam tahap pembuktian konsep, maka kami kembangkan melalui proses pengembangan skala terbatas/prototipe. Jika konsep dari penelitian sudah terbukti nyata dan ada pasarnya, maka langkah selanjutnya adalah pengembangan ke arah pra-inkubasi/inkubasi. Jika produk penelitian sudah siap untuk dikomersilkan maka Pusat Inovasi LIPI melakukan disemenasi produk dan introduksi ke industri/masyarakat melalui berbagai kegiatan expo.

Inkubator Bisnis

Layanan Inkubator Bisnis merupakan layanan yang dikembangkan seiring dengan diresmikannya Gedung Inovasi LIPI yang memiliki fasilitas ruang tenant dan inkubator di dalamnya. Sebelumnya, kegiatan Inkubasi dari Penelitian Unggulan di LIPI difasiltasi di masing-masing satuan kerja yang tersebar di seluruh Indonesia. Dengan Proses fasilitasi kegiatan tersebut dikelompokkan ke dalam kategori:

  1. Proses pengembangan produk skala terbatas / prototipe
  2. Proses pengembangan produk skala pra-inkubasi
  3. Proses pengembangan produk skala inkubasi

Kajian Unggul

Di Pusat Inovasi LIPI kami memiliki kompetensi untuk menerapkan penelitian unggul di LIPI untuk diterapkan di berbagai daerah di Indonesia. Dengan kemampuan analisis teknologi, analisis pasar dan analisis manfaat mampu dikolaborasikan untuk mengembangkan Sistem Inovasi Daerah (SIDA) yang berkelanjutan.