Introduksi

Pengembangan inkubasi teknologi dan bisnis yang dilaksanakan di LIPI mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 20 Tahun 2005, mengenai Alih Teknologi Kekayaan Intelektual serta Hasil kegiatan Penelitian dan Pengembangan oleh Perguruan Tinggi dan Lembaga Penelitian dan pengembangan. Tujuan dari PP tersebut adalah untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan teknologi serta meningkatkan kemampuan masyarakat dalam memanfaatkan dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi guna kepentingan masyarakat. Aturan ini diperkuat dengan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2013 tentang Pengembangan Inkubator Wirausaha dalam usaha untuk meningkatkan daya saing nasional melalui penumbuhkembangan wirausaha baru yang tangguh, kreatif dan profesional dan untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya manusia terdidik dalam menggerakan perekonomian dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Inkubator pertama kali dikembangkan di negara bagian New York di Amerika Serikat konsep yang diadopsi pada daerah dan negara bagian lain. Pada tahun 1984 terdapat 26 inkubator diseluruh Amerika dan sampai saat ini terdapat kurang lebih 3.000 inkubator teknologi dan bisnis di seluruh dunia dan telah berhasil dalam pendirian lebih dari 19.000 perusahaan.  Di sisi lain, pendekatan yang sesuai dengan karakteristik hasil Penelitian di Negara berkembang akan memberikan dampak yang lebih baik dibanding dengan pendekatan pengelolaan yang masih mengadopsi sistem dan mekanisme inkubator teknologi dari asalnya. Dengan pertimbangan tersebut maka penyusunan buku panduan Tenant Inkubator LIPI berperan penting sebagai pegangan bagi tenant dalam pemanfaatan fasilitas dalam inkubator LIPI. 

Peresmian Gedung Pusat Inovasi yang dilakukan oleh Kepala LIPI tanggal 13 Pebruari 2013 merupakan dasar yang kuat dalam usaha menjalankan fungsi inkubator teknologi khusunya untuk yang dilakukan di LIPI.  Melalui fasilitas gedung dan layanan manajemen ini diharapkan terjadinya pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi yang lebih luas melalui terbentuknya wirausaha muda. 

Untuk informasi lebih lanjut silahkan langsung menuju Website berikut.

logo inkubator