Mengenai Desain Industri

Pengertian Desain Industri berdasarkan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri adalah suatu kreasi tentang bentuk, konfigurasi, atau komposisi garis atau warna, atau garis dan warna, atau gabungan daripadanya yang berbentuk tiga dimensi atau dua dimensi yang memberikan kesan estetis dan dapat diwujudkan dalam pola tiga dimensi atau dua dimensi serta dapat dipakai untuk menghasilkan suatu produk, barang, komoditas industri, atau kerajinan tangan.

Pendesain yang menghasilkan suatu Desain Industri memperoleh hak yang disebut Hak Desain Industri. Bersumber dari E-Tutorial HKI milik DJHKI, pengertian Hak Desain Industri adalah hak eksklusif yang diberikan oleh negara Republik Indonesia kepada Pendesain atas hasil kreasinya untuk selama waktu tertentu melaksanakan sendiri, atau memberikan persetujuannya kepada pihak lain untuk melaksanakan hal tersebut.

Jangka waktu perlindungan terhadap Hak Desain Industri adalah selama 10 tahun terhitung sejak Tanggal Penerimaan, dan perlindungan ini tidak dapat diperpanjang. Desain Industri yang sering dijumpai saat ini adalah desain atau bentuk dari smartphone yang terdiri dari berbagai merek dan harus memiliki perbedaan dalam setiap desain nya. Apabila disinyalir terdapat kesamaan/kemiripan antara desain yang satu dengan yang lain maka hal ini bisa diajukan ke ranah hukum.

LIPI sampai saat ini memiliki 11 Desain Industri yang terdaftar di DITJEN HKI, dimana pendaftaran Desain Industri milik LIPI dimulai pada tahun 2003. Berikut ini adalah grafik yang menunjukkan Desain Industri yang dihasilkan LIPI.

desain industri LIPI