gambar PRODUK INOVASI LIPI DIPAMERKAN DALAM ISE 2017

Dalam gelaran Indonesia Science Expo (ISE) 2017, yang dihelat mulai hari ini Senin 23 Oktober hingga Kamis 26 Oktober 2017 di Balai Kartini Jakarta, Pusat Inovasi turut menyajikan berbagai produk inovasi LIPI mulai dari produk yang menggunakan teknologi LIPI dan sudah terlisensi, produk teknologi yang termanfaatkan oleh perusahaan baru (startup campany) dan produk hasil inkubator teknologi yang diselenggarakan oleh LIPI.

Berbagai produk tersebut dipamerkan dengan tujuan menginformasikan kepada publik bahwa hasil penelitian Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) telah mampu menjadi bagian industri dan memiliki nilai jual setara dengan produk sejenis. Publik dapat melihat berbagai produk inovasi LIPI di booth “Taman Sains Dan Inkubator Teknologi” yang berlokasi di dekat pintu masuk. Masyarakat dapat masuk dan melihat Pameran ISE 2017 tanpa dipungut biaya.

Untuk diketahui, tema ISE tahun ini adalah “Sains untuk Masa Depan Berkelanjutan”. Tema ini diangkat sebagai tanda bahwa ilmu pengetahuan menjadi landasan dan modal dasar untuk masa depan yang lebih baik secara berkelanjutan. Sedangkan untuk tema booth Pusat Inovasi mengambil judul “Taman Sains Dan Inkubator Teknologi” dilatarbelakangi bahwa Pusat Inovasi sedang dalam pengembangan Cibinong Science Technology Park (C-STP). C-STP ini hadir agar memudahkan pengembangan alih teknologi serta diseminasi kepada masyarakat dan industri. CSTP berperan dalam menyinergikan semua unsur ekosistem inovasi tersebut sehingga kondusif dalam penciptaan dan pengembangan industri berbasis riset. Selain itu, Pusat Inovasi juga setiap tahun menyelenggarakan inkubasi teknologi yang menghasilkan produk-produk inovasi yang dipamerkan.


Temu Bisnis

Selain pameran sains, ISE juga diisi dengan beragam kegiatan lain, seperti Science Movie, Science Art, Science Show, Games, workshop, talkshow, Science Based Industrial Innovation Award 2017, Pekan Inovasi Teknologi 2017, serta lebih kurang 18 konferensi ilmiah. Sebagai partisipasi dalam ISE, Pusat inovasi sendiri akan menyelenggarakan dua acara yaitu pertama konferensi internasional yaitu The 2nd Indonesia International Conference on Science Technology Park dan Seminar Nasional Technopreneurship dan Alih Teknologi 2017. Kedua, diskusi terkait dengan Pitching Technique: Succesful Research and Bussiness Negotiation bersama narasumber General Manager of Incubation Technopreneurs Development, Techno Park Malaysia, DR. Azra’i Shu’ib. Bertempat di Stage A, Indonesia Science Expo 2017, Balai Kartini, Jakarta, pada Kamis, 26 Oktober 2017, Pukul.13.00 – 14.00 WIB.

Disamping itu, hampir setiap hari selama 4 (empat hari) gelaran ISE, Pusat inovasi telah menjadwalkan menyelenggarakan temu bisnis antara peneliti dengan pihak calon mitra. Diharapkan dengan temu bisnis ini dapat menghasilkan kesepakatan pemanfaatan atau alih teknologi LIPI. (put)