gambar PENTINGNYA INOVASI UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DAERAH

Setiap daerah memiliki ciri khas masing-masing yang bila dikelola dan dikembangkan dengan baik dapat menjadi potensi bagi daerah tersebut. Kabupaten Bogor dengan wilayah yang sangat luas dan  posisi geografis berdekatan dengan ibukota Jakarta, serta sumber daya alam yang melimpah tentunya harus mulai melakukan inovasi agar mampu meningkatkan daya saing dengan daerah lain. Inovasi dimaksud adalah inovasi teknologi yang mampu meningkatan nilai jual dari pengelolaan sumber daya alam yang dilakukan oleh pelaku usaha atau UKM di Kabupaten Bogor. Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Inovasi LIPI Bapak Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng, PhD saat menjadi narasumber dalam Seminar dan Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bogor di Gedung Wisuda IPB, Selasa (22/8).

“LIPI siap menfasilitasi Pemkab Kabupaten Bogor dalam pengembangan inovasi teknologi yang bisa mendukung UKM diwilayah Kabupaten Bogor dengan sarana dan prasarana yang LIPI miliki” ujar Nurul. Lebih lanjut Nurul menjelaskan bahwa saat ini LIPI memiliki 530 paten terdaftar yang siap diaplikasikan di masyarakat. Paten ini tentunya bisa dialihteknologikan melalui lisensi dengan perusahaan atau UKM yang ada di Kabupaten Bogor.

Disamping itu Pusat Inovasi sendiri memiliki program inkubasi teknologi yang disiapkan untuk menfasilitasi para pengusaha atau UKM guna mendapatkan pendampingan pengembangan teknologi  dari LIPI. Salah satu contoh UKM yang saat ini telah mendapatkan dukungan pendampingan fasilitasi inkubasi teknologi adalah PT. Pala Agri Indonesia dengan produk minuman Sari Buah Pala dengan merk Pala-Q.  LIPI memberikan teknologi tepat guna mesin pemproses buah pala kepada PT. Pala Agri Indonesia. Sehingga biaya produksi bisa diturunkan dan nilai jualnya meningkat.

LIPI telah memiliki beberapa fasilitas produksi yang bisa dimanfaatkan oleh UKM antara lain teknologi pengalengan, teknologi nano material, pupuk organik, dan lain-lain. Teknologi-teknologi ini siap digunakan oleh pengusaha dan UKM Kabupaten Bogor.     

Pada kesempatan Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bogor tersebut, selain turut serta sebagai narasumber dalam seminar, sebelumnya LIPI turut menjadi juri dalam menentukan peraih penghargaan Gelar Inovasi Daerah Kabupaten Bogor. Selain itu, selama 2 (dua) haru Gelar Inovasi Daerah ini, LIPI ikut menjadi peserta Pameran dengan menggelar produk-produk hasil tenant binaan LIPI dalam upaya memotivasi para pelaku usaha dan UKM yang hadir.