gambar PENERAPAN ISO 9001:2015 DI PUSAT INOVASI – LIPI

Cibinong, 4 Juli 2017 Pusat Inovasi – LIPI mengadakan Sosialisasi Migrasi ISO 9001:2015 yang bertempat di Ruang Auditorium Gedung Pusat Inovasi – LIPI lantai 2. Mulai tanggal 4 Juli 2017 Pusat Inovasi – LIPI menerapkan Sistem Manajemen Mutu Berbasis SNI ISO 9001:2015. Acara tersebut diawali dengan arahan dan pembukaan oleh Kepala Pusat Inovasi - LIPI Bapak Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng dilanjutkan dengan Presentasi oleh Narasumber I Bapak Ade Khaerudin Taufiq M.Si dan Presentasi Narasumber II Bapak Sik Sumaedi dari Pusat Penelitan Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian LIPI.

Salah satu perubahan yang mendasar pada ISO 9001: 2015 adalah mengenai prinsip-prinsip dalam mengimplementasikan sistem manajemen mutu. Sebelumnya, ISO 9001: 2008 mengacu pada 8 (delapan) prinsip manajemen mutu. Sekarang, ISO 9001: 2015 menetapkan hanya 7 (tujuh) prinsip dalam menjalankan sistem manajemen mutu, yaitu Fokus Pelanggan (Customer Focus), Kepemimpinan (Leadership), Keterlibatan Orang (Engagement of People), Pendekatan Proses (Process Approach), Perbaikan (Improvement), Pengambilan Keputusan Berdasarkan Bukti (Evidence-Based Decision Making), dan Manajemen Relasional (Relationship Management).

Dalam acara Sosialisasi Migrasi ISO 9001:2015 ini diakhiri dengan acara penandatanganan penerapan Sistem Manajemen Mutu Berbasis  SNI ISO 9001:2015 oleh Kepala Pusat Inovasi – LIPI Bapak Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng yang didampingi dan disaksikan oleh pejabat Struktural Pusat Inovasi – LIPI. (THP/PAR)