gambar Penandatanganan Berita Acara ATB LIPI Semester I Tahun 2016

Senin, 27 Juni 2016, bertempat di Auditorium Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah LIPI - lantai 2, telah dilakukan acara Penandatanganan Berita Acara Aset Tak Berwujud (ATB) milik LIPI untuk periode Semester I di tahun 2016. Terdapat 14 Satuan Kerja LIPI terkait yang memiliki ATB berupa paten pada Semester I tahun ini. Total jumlah paten yang divaluasi adalah paten tahun 2016 sebanyak 26 paten dan paten tahun-tahun sebelumnya sebanyak 26 paten. 

Proses penghitungan dan pencatatan ATB milik LIPI pada tahun ini menjadi semakin jelas dengan adanya Peraturan Kepala LIPI Nomor 7 Tahun 2015 tentang Pencatatan dan Pengelolaan ATB di LIPI. Mengacu pada peraturan ini, tata cara penghitungan maupun pencatatan ATB berupa paten menjadi tidak ambigu dan memiliki dasar hukum yang kuat. Ditambah dengan perolehan Anugrah Nawacita Legislasi untuk kategori peraturan menteri, Peraturan Kepala LIPI Nomor 7 Tahun 2015 tentang Pencatatan dan Pengelolaan ATB di LIPI diharapkan dapat diterapkan sebagai acuan penghitungan dan pencatatan ATB berupa paten secara nasional.

Hadir pada acara ini Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI Prof. Dr. Ir. Bambang Subiyanto, M.Sc., Kepala Pusat Inovasi LIPI Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng, Ph.D, dan para Kepala Satuan Kerja terkait. Harapan yang disampaikan oleh Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI agar adanya persamaan persepsi ATB antara Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan, dan Komite Standar Akuntansi Pemerintahan.