gambar PELATIHAN DRAFTING PATEN TINGKAT LANJUT 2016

Cisarua Bogor – Pada tanggal 25-27 Oktober 2016 Pusat Inovasi – LIPI telah menyelenggarakan Pelatihan Drafting Paten Tingkat Lanjut yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari di Jimmers Mountain Resort Jl. Raya Puncak KM.7 Cisarua – Bogor. Pelatihan Drafting Paten Tingkat Lanjut  bertujuan untuk mematangkan kemampuan teknis para peserta yang sebelumnya telah memperoleh pengetahuan dasar mengenai Kekayaan Intelektual (KI). Kegiatan ini difokuskan pada tata cara, teknik, dan strategi pembuatan dokumen paten. Pelaksanaan Pelatihan Drafting Paten Tingkat Lanjut ini dibuka oleh Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik – LIPI Dr. Laksana Tri Handoko.

Peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 25 orang peserta yang berasal dari 11 Satuan Kerja di lingkungan LIPI, antara lain: Pusat Penelitian Biologi (2 orang), Pusat Penelitian Bioteknologi (5 orang), Pusat Penelitian Biomaterial (2 orang), Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor (2 orang), Pusat Penelitian Kimia (6 orang), Pusat Inovasi (1 orang), Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam Jogjakarta (2 orang), Unit Pelaksana Teknis Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon (1 orang), Pusat Penelitian Geoteknologi (1 orang), Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (2 orang), dan Balai Penelitian Teknologi Mineral Lampung (1 orang).

Instruktur dan fasilitator dalam pelatihan ini adalah Pemeriksa Paten dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjen KI Kemenkumham) serta instruktur dari Bidang Manajemen Kekayaan Intelektual Pusat Inovasi LIPI. Sedangkan Materi yang diberikan dalam Pelatihan Drafting Paten Tingkat Lanjut merupakan materi-materi yang berkaitan dengan KI, khususnya tentang pembuatan draft paten. Materi-materi tersebut meliputi: 1) Tata Cara, Teknik dan Strategi Pembuatan Draft Paten, 2) Pemaparan dan Pembahasan Feasibilitas Usulan Draft Paten Bidang Hayati, Kimia dan Mekanik, 3) Penulisan Usulan Draft Paten, dan 4) Pemaparan, Finalisasi dan Pembahasan Draft Paten.

Tujuan lain dari Pelatihan Drafting Paten Tingkat Lanjut ini adalah untuk menyeleksi invensi hasil penelitian para peneliti LIPI sehingga nantinya dapat diarahkan untuk memperoleh perlindungan KI berupa paten. Pelatihan semacam ini telah dirasakan manfaatnya dimana peneliti dapat secara langsung mempraktikkan pembuatan dokumen atas invensi yang dihasilkannya. Para peserta tidak hanya dibekali materi-materi yang bersifat teoritis melainkan juga implementasi langsung dalam praktik pembuatannya. Dalam pelatihan ini, para peserta dibimbing oleh para instruktur yang berasal dari pemeriksa paten di Ditjen KI Kemenkumham dan Pusat Inovasi. Para instruktur mendampingi para peserta dan mengevaluasi hasil drafting yang telah dibuat oleh peserta sehingga dapat dinyatakan layak sebagai dokumen paten yang akan dimintakan perlindungannya. Dengan demikian target dari Pelatihan Drafting Paten Tingkat Lanjut adalah tersedianya dokumen paten atas invensi hasil penelitian LIPI yang siap untuk didaftarkan. (THP)