gambar PELATIHAN DRAFTING PATEN TINGKAT DASAR 28-31 MARET 2016

Pada tanggal 28 – 31 Maret 2016 bertempat di UPT Loka Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Oseanografi (Pulau Pari), Pusat Inovasi telah mengadakan Pelatihan Drafting Paten Tingkat Dasar Tahun 2016 dalam mengupayakan peningkatan produktivitas Kekayaan Intelektual di LIPI. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang dasar-dasar Kekayaan Intelektual (KI) serta strategi pengelolaannya, terutama dalam rangka pemanfaatan teknologi yang dihasilkan dari kegiatan penelitian dan pengembangan yang dibiayai oleh pemerintah; mendorong peningkatan produktivitas Kekayaan Intelektual di LIPI, khususnya paten; dan mengenalkan aktivitas dan fasilitas yang ada di UPT LPKSDM Oseanografi. Kegiatan ini dibuka oleh Deputi Bidang Jasa Ilmiah, Prof. Dr. Bambang Subiyanto, M.Agr. yang sekaligus memberi pengarahan tentang HKI dan peningkatannya di LIPI.

Jumlah peserta Pelatihan Drafting Paten Tingkat Dasar Tahun 2016 sebanyak 29 Orang yang berasal dari 13 Satuan Kerja, yaitu Pusat Penelitian Biologi (4 Orang), Pusat Penelitian Bioteknologi (3 Orang), Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna (3 Orang), Unit Pelaksana Teknis Balai Pengolahan Mineral Lampung (3 Orang), Pusat Penelitian Fisika (3 Orang), Unit Pelaksana Teknis Balai Pengembangan Proses dan Teknologi Kimia Yogyakarta (2 Orang), Pusat Penelitian Laut Dalam (2 Orang), Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (2 Orang), Pusat Penelitian Metalurgi dan Material (2 Orang), Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika (2 Orang), Unit Pelaksana Teknis Loka Uji Teknik Penambangan Jampang Kulon (1 Orang), Unit Pelaksana Teknis Loka Konservasi Biota Laut Biak (1 Orang), dan Pusat Inovasi (1 Orang). Para peserta diberikan pemaparan materi-materi tentang pengetahuan dasar HKI agar setelah pembelajaran, para peserta dapat memahami materi yang diberikan. Materi yang disampaikan yaitu “Pengantar KI dan Pemanfaatannya” oleh Ferianto, S.Si., “Patentabilitas dan Identifikasi Invensi” oleh Diah Anggraeni Jatraningrum, S.T., M.T., “Penelusuran Dokumen Paten” oleh Prio Adi Ramadhani, S.T., “Teknik Penulisan Dokumen Paten” oleh Harini Yaniar, M.Kom., “Prosedur Pendaftaran Paten dan Aspek-Aspek Terkait Lainnya” oleh Pradhini Digdoyo, S.T.P., dan “Dari Lab Menuju Pasar” oleh Ragil Yoga Edi, S.H.,LL.M. Untuk mengetahui tingkat pemahaman awal tentang HKI dan tingkat penyerapan atas materi yang diberikan, para peserta diminta untuk mengerjakan pre-test sebelum materi diberikan dan mengerjakan post-test setelah materi diberikan. Rata-rata nilai pre-test adalah 57 dan rata-rata nilai post-test adalah 86, dengan rata-rata peningkatan nilai pre-test adalah 29.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini dipilih peserta terbaik dengan kriteria perolehan nilai post-test tertinggi dan peningkatan nilai terbesar antara hasil pre-test dan post-test. Peserta terbaik dalam Pelatihan Drafting Paten Tingkat Dasar 2016 ini adalah Dyah Retno Wulandari dari Pusat Penelitian Bioteknologi, Nurul Fitri Sari dari Pusat Penelitian Bioteknologi dan Lia Ratnawati dari Pusat Pengembangan Teknologi tepat Guna. Selain memberikan penghargaan terhadap peserta terbaik, kegiatan ini juga memberikan apresiasi terhadap peserta-peserta yang mengemukakan pertanyaan dan pendapat sehingga kelas menjadi lebih aktif dan interaktif, peserta-peserta tersebut adalah Ferdinand Pattipeilohy dari Pusat Penelitian Laut Dalam, Asep Nugroho dari Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika, dan Qomaruddin dari Pusat Penelitian Fisika. (MD)