gambar PELATIHAN DRAFTING PATEN TINGKAT DASAR 2017

Jakarta – Pada tanggal 17-18 April 2017, Pusat Inovasi – LIPI telah menyelenggarakan Pelatihan Drafting Paten Tingkat Dasar 2017 yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari di Hotel Gren Alia Cikini, Jalan Cikini No. 46 Menteng, Jakarta Pusat 10330. Pelatihan Drafting Paten Tingkat Dasar  bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang dasar-dasar Kekayaan Intelektual (KI) serta strategi pengelolaannya, terutama dalam rangka pemanfaatan teknologi yang dihasilkan dari kegiatan penelitian dan pengembangan yang dibiayai oleh pemerintah. Pelaksanaan Pelatihan Drafting Paten Tingkat Dasar 2017 ini dibuka oleh Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik – LIPI Dr. Laksana Tri Handoko.

Peserta yang mengikuti pelatihan berjumlah 34 orang peserta yang berasal dari 15 Satuan Kerja di lingkungan LIPI, antara lain: Balai Penelitian Teknologi Bahan Alam Yogyakarta (3 orang), Loka Uji Teknik Penambangan (1 orang), Pusat Penelitian Biologi (3 orang), Pusat Penelitian Biomaterial (1 orang), Pusat Penelitian Bioteknologi (4 orang), Pusat Penelitian Fisika (1 orang), Pusat Penelitian Kimia (4 orang), Pusat Penelitian Limnologi (1 orang), Pusat Penelitian Metalurgi dan Material (2 orang), Pusat Penelitian Sistem Mutu dan Teknologi Pengujian (4 orang), Pusat Penelitian Tenaga Listrik dan Mekatronika (2 orang), Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas (1 orang), Pusat Inovasi (3 orang), Pusat Pengembangan Teknologi Tepat Guna LIPI Subang (2 orang) dan Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) Peneliti (1 orang). Pelatihan ini juga diikuti oleh satu peserta dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Lubuk Linggau Provinsi Sumatera Selatan.

Instruktur dan fasilitator dalam pelatihan ini adalah internal LIPI yaitu dari Bidang Manajemen Kekayaan Intelektual - Pusat Inovasi LIPI, masing-masing adalah Diah Anggraeni Jatraningrum, S.T., M.T. dengan materi Pengantar Kekayaan Intelektual dan Pemanfaatannya, Ferianto, S.Si. dengan materi Patentabilitas dan Identifikasi Invensi, Harini Yaniar, S.Si., M.Kom. dengan materi Penelusuran Informasi Paten, Prio Adi Ramadhani, S.T. dengan materi Teknik Penulisan Dokumen Paten, dan Andi Budiansyah, S.T. dengan materi Prosedur Pendaftaran Paten dan Asspek-Aspek Terkait Lainnya. Untuk mengeksplore sekaligus mengasah kemampuan peserta dalam menganalisis invensi yang berpotensi untuk diberikan perlindungan Kekayaan Intelektual, khususnya Paten, dalam pelatihan ini juga ada 3 sesi studi kasus. Studi Kasus I terkait Pemahaman Kekayaan Intelektual oleh Ragil Yoga Edi, S.H., L.LM., dilanjutkan dengan Studi Kasus II terkait penyusunan draft paten bidang mekanik (teknik/alat) oleh Teguh Heri Pranowo, S.Sn. dan Ir. Dodong Sofyan Sachmid, MBA., dan Studi Kasus III terkait penyusunan draft paten bidang hayati (kimia/biologi) oleh Ferianto, S.Si. dan Dr. Ir. Subiyatno. Dalam Studi Kasus tersebut diberikan juga hadiah untuk 3 peserta terbaik untuk Studi Kasus I, 1 kelompok terbaik Studi Kasus II, dan 1 kelompok terbaik untuk Studi Kasus III. Untuk pemateri puncak disampaikan juga Success Story Pemanfaatan Paten tentang Dari Lab Menuju Pasar yang disampaikan oleh Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng.

Untuk mengetahui tingkat pemahaman awal tentang KI dan tingkat penyerapan atas materi yang diberikan, para peserta diminta untuk mengerjakan pre-test sebelum materi diberikan dan mengerjakan post-test setelah materi diberikan. Dengan demikian target dari Pelatihan Drafting Paten Tingkat Dasar 2017 adalah meningkatnya pemahaman tentang dasar-dasar Kekayaan Intelektual (KI) serta strategi pengelolaannya, terutama dalam rangka pemanfaatan teknologi yang dihasilkan dari kegiatan penelitian dan pengembangan yang dibiayai oleh pemerintah. Dalam pelaksanaan kegiatan ini dipilih satu (satu) peserta terbaik dengan kriteria perolehan nilai post-test tertinggi yaitu Salahuddin, S.Farm dari Pusat Penelitian Kimia dan 2 (dua) peserta dengan peningkatan nilai terbesar antara hasil pre-test dan post-test. yaitu Wahyu Mayangsari dari Pusat Penelitian Metalurgi dan Material dan Debora Christin Purbani, M.Si. dari Pusat Penelitian Biologi. Selain memberikan penghargaan terhadap peserta terbaik, kegiatan ini juga memberikan apresiasi terhadap peserta-peserta yang mengemukakan pertanyaan dan pendapat sehingga kelas menjadi lebih aktif dan interaktif, peserta-peserta tersebut adalah Rendi Palar, M.Si. dari Pusat Penelitian Bioteknologi dan Indra Riswadinata dari Pusbindiklat Peneliti.

Sebagai acara akhir adalah Evaluasi pelaksanaan Pelatihan Drafting Paten Tingkat Dasar 2017 oleh Kepala Bidang Manajemen Kekayaan Intelektual Ragil Yoga Edi, S.H., L.LM. dan pemberian hadiah kepada 3 (tiga) peserta terbaik dan 2 (dua) peserta teraktif dan interaktif, kemudian dilanjutkan dengan penutupan Pelatihan Drafting Paten Tingkat Dasar 2017 oleh Kepala Pusat Inovasi – LIPI Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng. (THP)