gambar PATENT DRAFTING WORKSHOP 2016 (UNTUK UMUM)

Bogor - Tahun 2016 merupakan tahun ke-8 bagi Pusat Inovasi - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk menyelenggarakan workshop mengenai Patent Drafting Workshop yang khusus diperuntukkan bagi peserta umum atau dari luar lingkungan LIPI. Kegiatan workshop ini pada dasarnya merupakan bentuk pelatihan kemampuan dan keterampilan di bidang Kekayaan Intelektual (KI) yakni paten, khususnya dalam mendrafting spesifikasi dokumen paten. Workshop ini dilaksanakan dalam rangka menjalankan kegiatan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) di Pusat Inovasi LIPI Tahun Anggaran 2016.

Patent Drafting Workshop 2016 ini dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 9 – 10 November 2016 bertempat di Fave Hotel Bogor dengan investasi untuk mengikuti workshop sebesar Rp. 2.000.000 (dua juta rupiah) per hari sesuai tarif PNBP yang berlaku. Jumlah peserta Patent Drafting Workshop 2016 ini sebanyak 34 (tiga puluh empat) orang peserta yang berasal dari beberapa Lembaga Pemerintah baik Kementerian maupun Non Kementeraian (LPNK), Sekolah, Perguruan Tinggi, Lembaga Riset dan perusahaan swasta lainnya. Instansi-instansi yang mengikuti tersebut antara lain: P3TKEBTKE – KESDM Jakarta (1 orang), Universitas Ciputra Surabaya (1 orang), PT PLN (Persero) PUSLITBANG Ketenagalistrikan (Research Institute) Jakarta (2 orang), Universitas Darussalam Gontor Ponorogo (1 orang), Universitas Telkom Bandung (14 orang), Universitas Wiraraja Sumenep (1 orang), Balai Pelayanan Bisnis dan Penggelolaan Kekayaan Intelektual Jogjakarta (1 orang), Fakultas Kehutanan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru (1 orang), Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Bali (2 orang), Politeknik Negeri Bengkalis Riau (1 orang), Universitas Sumatera Utara Medan (2 orang), Universitas Atma Jaya Yogyakarta (1 orang), Pusat Penelitian Kelapa Sawit Medan (1 orang), Institut Teknologi Del Toba Samosir (2 orang), Bappeda DKI Jakarta (1 orang), Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Karanganyar (2 orang).

Patent Drafting Workshop 2016  ini dibuka oleh Kepala Pusat Inovasi Bapak Dr. Nurul Taufiqu Rochman M.Eng. Sedangkan untuk instruktur/narasumber dan fasilitator dalam pelatihan ini berasal dari bidang Manajemen Kekayaan Intelektual  Pusat Inovasi LIPI, yaitu Dr. Nurul Taufiqu Rochman M.Eng., Ragil Yoga Edi, SH, LL.M.; Dr. Ir. Subiyatno, M.Sc.; Harini Yaniar, M.Kom.; Dodong Sofyan Sachmid, S.T., M.M.; Diah A. Jatraningrum, MT.; Maidina, MT.; Prio Adi Ramadhani, ST.; Andi Budiansyah, ST.; Pradhini Digdoyo S.T.P.; Adi Ankafia, SE.; Teguh Heri Pranowo, S.Sn.; dan Wahyu Dwi Cahyo Wibowo.

Materi yang diberikan dalam Patent Drafting Workshop ini meliputi materi-materi yang berkaitan dengan KI, yang dilanjutkan pendalaman tentang  paten. Materi-materi tersebut antara lain: 1) Pengantar KI dan Pemanfaatannya, 2) Patentabilitas dan Identifikasi Invensi, 3) Penelusuran Informasi Paten, 4) Teknik Penulisan Dokumen Paten, 5), Prosedur Pendaftaran Paten dan Aspek-Aspek Terkait Lainnya, 6) Dari Lab Menuju Pasar: Success Story Pemanfaatan Paten, serta 7) Studi kasus tentang Pemahaman KI, Bidang Mekanik dan Bidang Kimia/Biologi. Tujuan diberikannya studi kasus pada workshop ini adalah untuk mengetahui pemahaman peserta atas materi yang telah diberikan selama mengikuti Patent Drafting Workshop. (THP)