gambar LOKAKARYA MANAJEMEN KEKAYAAN INTELEKTUAL UNTUK PENGUATAN KELEMBAGAAN UNIVERSITAS DAN LEMBAGA LITBANG

Jakarta, 29-30 Agustus 2018. Sentra Kekayaan Intelektual (KI) dibentuk untuk menjadi pusat pengelolaan KI di suatu lembaga. Namun lebih dari itu seharusnya sentra KI mampu menjadi akselerator bagi peningkatan kualitas dan produktivitas KI di lembaga tersebut. Kemahiran tata kelola KI tersebut sangat diperlukan mengingat institusi/lembaga dituntut untuk melindungi KI yang dihasilkan dan meningkatkan nilai kemanfaatannya sebagai bukti akuntabilitas atas kegiatan yang telah dilakukan. Peningkatan kapasitas di bidang manajemen KI diharapkan mampu meningkatkan produktivitas perlindungan dan pemanfaatan KI di institusi/lembaganya masing-masing sehingga mendorong terciptanya kemandirian teknologi dan ekonomi. Pusat Inovasi LIPI melalui Lokakarya Manajemen Kekayaan Intelektual Untuk Penguatan Kelembagaan Universitas dan Lembaga Litbang berusaha membagikan pengalaman pengelolaan KI yang telah dilakukan di LIPI selama ini kepada Sentra KI binaan dan mitra IP Port. Pusat Inovasi LIPI memiliki tekad yang kuat untuk bisa maju bersama-sama dengan Sentra KI yang ada di Indonesia. Gerakan yang dilakukan secara bersama-sama tentu akan memberikan dampak yang lebih luas, khususnya dalam hal ini untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan, produktivitas, dan pemanfaatan KI di dalam negeri. Pembinaan Pusat Inovasi LIPI terhadap Sentra KI yang dibina setidaknya akan menyelaraskan pola pikir, tata kelola, dan strategi dalam menangani masalah KI.

Lokakarya Manajemen Kekayaan Intelektual Untuk Penguatan Kelembagaan Universitas dan Lembaga Litbang diselenggarakan pada tanggal 29-30 Agustus 2018 bertempat di Hotel Gren Alia Prapatan, Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun No. 28, Senen, Jakarta Pusat 10410. Acara lokakarya dibuka oleh Wakil Kepala LIPI Prof. Dr. Prof. Dr. Bambang Subiyanto. M.Agr. Untuk materi yang disampaikan dalam lokakarya tersebut, yaitu Penguatan Kelembagaan Sentra KI Untuk Meningkatkan Produktivitas KI dan Strategi Pemanfaatannya yang disampaikan oleh Ragil Yoga Edi, S.H., LL.M., Perlindungan dan Pengelolaan Intelektual Atas Karya Cipta di Bidang Ilmu Pengetahuan disampaikan oleh Dr. Subiyatno, Eksplorasi dan Eksploitasi Invensi disampaikan oleh Ir. Dodong Sofyan Sachmid, MM., Optimasi Perlindungan dan Pengelolaan Identitas Barang dan Jasa disampaikan oleh Irwan Budhi Iswanto, MEM., MBA., Penambahan Nilai Kemanfaatan Sumber Daya Hayati Melalui Perlindungan Varietas Tanaman disampaikan oleh Pradhini Digdoyo, STP., Perlindungan dan Pengelolaan KI Lainnya: Desain Industri, DTLST, dan Rahasia Dagang disampaikan oleh Prio Adi Ramadhani, ST., dan Valuasi Kekayaan Intelektual disampaikan oleh Harini Yaniar, M.Kom.

Peserta yang diundang dalam lokakarya ini adalah para mitra LIPI, antara lain Sentra KI Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional, Sentra KI Universitas Negeri Pakuan, Sentra KI Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Sentra KI Universitas Pendidikan Ganesha, Sentra KI Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur, Sentra KI Universitas Dian Nuswantoro Semarang, Sentra KI Sekolah Tinggi Teknik – PLN, Sentra KI Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, Sentra KI Universitas Gadjah Mada, Sentra KI STKIP PGRI Bangkalan, Sentra KI Universitas Trunojoyo Madura, Sentra KI Universitas Negeri Makassar, Sentra KI Universitas Negeri Malang, dan Sentra KI Balitbangkes.

Kegiatan Lokakarya ini bertujuan untuk Meningkatkan pemahaman sumber daya manusia pengelola KI tentang Kekayaan Intelektual beserta turunannya dan teknik pengelolaan KI yang baik dan benar dan Mendorong peningkatan produktivitas Kekayaan Intelektual di institusi mitra LIPI. Pada akhir acara lokakarya ditutup oleh Plt. Kepala Pusat Inovasi LIPI Ragil Yoga Edi, SH., LL.M. (THP)