gambar LIPI TURUT SERTA DALAM THE INDONESIA COSMETICS INGREDIENTS 2018 EXHIBITION

Perkembangan bisnis bidang kecantikan/kosmetik semakin meningkat dan potensi bisnis kosmetik saat ini menjadi trend dimasyarakat. Setiap tahun, produk-produk inovasi baru dihasilkan dengan berbagai jenis bahan baku. Tentulah ini berdampak pada teknologi dalam industri kosmetik. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai salah satu lembaga riset nasional melihat peluang industri kosmetik ini sebagai tantangan dalam penelitian. Hingga saat ini, LIPI telah menghasilkan beberapa produk kosmetik yang merupakan produk hasil penelitian dan/atau menggunakan teknologi LIPI, yang sudah dikomersialisasikan ke industri.

The Indonesia Cosmetics Ingredients (ICI) 2018 exhibition tahun ini mengambil tema “Care for the Millennials”. Pemeran ini diselenggarakan oleh Asosiasi Pengusaha Kosmetik Indonesia (Perkosmi) bertempat di Hall D2, Area Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta mulai tanggal 3-5 April 2018. Tujuan dari penyelenggaraan pameran ini adalah untuk mengumpulkan para pemasok bahan baku dan kemasan, produsen kosmetik dan para pelaku industri kosmetik baik dalam negeri maupun luar negeri. Dalam acara ini juga akan memperkenalkan inovasi teknologi terbaru dibidang kosmetik.

LIPI turut serta dalam pameran ini, dengan menghadirkan berbagai produk hasil para peneliti LIPI dan produk hasil komersialisasi terknologi LIPI dibidang kosmetik diantaranya berbagai jenis produk kecantikan dari Gizi Supercream yang menggunakan teknologi Nano, L’Cos Cream Antiselulit yang dihasilkan dari ekstrak herbal, Sabun muka dan lotion dari algae, Propolis dengan menggunakan teknologi Nano, Cream muka dari ekstrak manggis, dan masih banyak yang lainnya.

Keterlibatan LIPI dalam pameran ini diharapkan dapat membuka peluang komunikasi dengan para pelaku industri kosmetik untuk mensosialisasikan bahwa LIPI juga melakukan penelitian dibidang kosmetik dan menghasilkan teknologi yang bisa diterapkan dalam industri kosmetik. Hingga pada akhirnya dapat dijajaki kerjasama antara LIPI dengan para pelaku industri kecantikan.