gambar LIPI MEMBERIKAN APRESIASI PENELITI DAN MITRA MELALUI ALTEK LIPI AWARD 2017

Dalam gelaran Indonesia Science Expo (ISE) 2017, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberikan beragam penghargaan bagi insan yang berdedikasi terhadap perkembangan riset dan Iptek di Indonesia salah satunya Penganugerahan Alih Teknologi (Altek) LIPI Award 2017.

Penganugerahan Altek LIPI Award 2017 ini merupakan yang ketiga kali sejak 2015, dengan tujuan memberikan apresiasi/penghargaan kepada inventor/peneliti LIPI dan perusahaan/badan usaha yang telah berhasil mengalihkan dan menerima/memanfaatkan teknologi LIPI. Berbagai hasil inovasi teknologi LIPI sudah dimanfaatkan, baik oleh masyarakat, industri, maupun stakeholders lainnya. Pemanfaatan teknologi LIPI oleh masyarakat dan industri dilakukan melalui alih teknologi.

Proses alih teknologi/komersialisasi yang telah dilakukan oleh LIPI tersebut merupakan bagian dari capaian kinerja LIPI dalam mendorong kemandirian dan daya saing bangsa melalui penerapan/pemanfaatan iptek oleh industri. Dari proses alih teknologi ini telah berhasil meningkatkan perekonomian nasional salah satunya melalui pembayaran lisensi dan royalti yang telah memberikan kontribusi Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) ke negara melalui LIPI sebesar Rp. 5,2 Milyar (2001-2017). Adapun potensi perputaran ekonomi/ omset dengan total sekitar Rp. 520 Milyar. Sehingga perkiraan pajak pendapatan negara sekitar 65 Milyar. Selain itu dari alih teknologi ini akan membuka/ meningkatkan lapangan kerja untuk lebih dari 1000 orang.

Pelaksana Tugas Kepala LIPI, Bambang Subiyanto mengucapkan selamat kepada para penerima anugerah di ISE 2017. “Saya berharap melalui altek award ini selain memberikan apresiasi, juga dapat mendorong para peneliti agar mampu berjiwa technopreneurship, tetap berkarya dan mengembangankan ilmu pengetahuan dan teknologi namun memperhatikan potensi bisnis dan pasar dari hasil penelitiannya sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat,” pesannya di sela-sela Malam Penganugerahan ISE 2017 kepada rekan media, Rabu (25/10) malam, di Balai Kartini Jakarta.

Altek LIPI Award 2017 ini penghargaan diberikan kepada inventor yaitu:

  1. Pusat Penelitian Biomaterial dengan peneliti Dr.Ir. Wahyu Dwianto, M.Agr., dan tim;
  2. Pusat Penelitian Kimia dengan peneliti Dr. Yenny Meliana dan tim;
  3. Pusat Penelitian Biologi dengan peneliti Dr.rer.nat. Sarjiya Antonius dan tim; dan
  4. PKT Kebun Raya Bogor dengan peneliti Dr. Ir. Sri Rahayu, M.Si dan tim.

Sementara untuk mitra perusahaan/badan usaha diberikan kepada yaitu:

  1. CV Putra Lingga Jaya;
  2. Nano Herbal Indonesia (NHI);
  3. PT. Agritek;
  4. PT. Maju Makmur Utomo; dan
  5. Koperasi Nabati Lestari
(put)