gambar LIPI JALIN KERJASAMA DENGAN PEMDA KABUPATEN BOGOR

Pemerintah Daerah (Pemda) menjadi salah satu mitra yang berperan penting dalam keberhasilan Penelitian, Pengembangan dan Pemanfaatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang dilakukan oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Oleh sebab itu LIPI terus berupaya untuk menggandeng pemda untuk mempercepat alih pengetahuan dan teknologi sehingga teknologi tersebut bisa dimanfaatkan oleh pemda dan yang terpenting bisa langsung dirasakan oleh masyarakat. Demikian disampaikan oleh Plt. Kepala LIPI, Bambang Subiyanto dalam acara Penandatangan Kesepakatan Bersama LIPI dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor di Bogor belum lama ini.

Lebih lanjut Bambang mengatakan bahwa Pemda Kabupaten Bogor menjadi pemda yang tahun ini diharapkan bisa menjadi mitra LIPI mengingat sebagian besar lokasi penelitian dan pengembangan LIPI ada di Kabupaten Bogor, lebih tepatnya Cibinong. Sehingga dengan adanya kesepakatan bersama ini, LIPI berharap bersama-sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor bisa mengembangkan dan memanfaatkan potensi Kabupaten Bogor serta meningkatkan kapasitas sumber daya manusia dan lembaga daerah melalui penerapan teknologi guna mendukung pembangunan daerah.

Lingkup Kesepakatan Bersama ini mencakup beberapa hal diantaranya pertama, penelitian, pengkajian, dan pengembangan serta pemanfaatan sumber daya alam dan lingkungan secara berkelanjutan. Kedua, pengkajian dan pelaksanaan pengembangan wilayah terpadu sesuai dengan daya dukung sumber daya alam dan lingkungannya. Ketiga, peningkatan kapasitas sumber daya manusia. Keempat, peningkatan kawasan Cibinong Science Center-Botanical Garden LIPI, khususnya pada kawasan pemanfaatan/Pusat Inovasi. Kelima, tukar menukar informasi dan data, dan terakhir kegiatan lainnya yang disepakati oleh para pihak.

Dalam penandatangan kerjasama ini, hadir Bupati Bogor Ibu Hj. Nurhayanti, SH, MM, Msi beserta jajarannya. Sementara dari LIPI sendiri selain dihadiri oleh Plt. Kepala LIPI juga beberapa Pejabat Tinggi Madya dan Pejabat Tinggi Pratama di lingkungan LIPI. (PUT)