gambar LIPI DORONG PENGUATAN SDM DIBIDANG KOMERSIALISASI HASIL PENELITIAN

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sesuai dengan visinya, berkomitmen untuk mendorong peningkatan daya saing nasional khususnya pemanfaatan dari hasil penelitian dan pengembangan teknologi. Salah satu upayanya yaitu dengan melakukan komersialisasi hasil penelitian. Komersialisasi hasil penelitian di Indonesia membuka peluang menguatnya dukungan terhadap daya saing industri melalui kemitraan dengan pihak industri dan dengan mendorong tumbuhnya unit usaha baru yang didirikan (startup company). 

 

Di lingkungan LIPI sendiri, komersialisasi hasil penelitian dan pengembangan menjadi tugas Pusat Inovasi, namun  demikian diharapkan seluruh internal satuan kerja LIPI harus memahami langkah-langkah melakukan komersialisasi agar dapat membantu meningkatkan komersialisasi hasil penelitian dan pengembangan yang ada dilingkungan LIPI.  

 

Dalam rangka meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang terlibat di bidang komersialisasi hasil penelitian dan pengembangan, Pusat Inovasi LIPI menyelenggarakan Serial Workshop on Powerful Research Commercialization yang Seri Pertama dilaksanakan pada Selasa (12/09) untuk Training for Trainer dilingkungan LIPI di Jakarta dan Seri Kedua, pada hari Kamis-Jumat (14-15/09) untuk General Participant baik di dalam maupun diluar LIPI di Bandung. Workshop ini, merupakan tindaklanjut dari pengembangan kerjasama antara School of Business The University of Queensland dengan Pusat Inovasi LIPI dengan pembicara utama Associate Prof. Damian Hine.

 

Materi dalam workshop ini memberikan pengetahuan kepada peserta mengenai proses komersialisasi yang berbasis pada hasil penelitian dan pengembangan, serta melatih bagaimana prakteknya melakukan komersialisasi tersebut dilingkungan satker masing-masing baik didalam maupun diluar LIPI.

 

Dalam sambutan pembukaannya, Plt. Kepala LIPI Prof. Dr. Bambang Subiyanto, M.Agr. berharap Serial Workshop ini, dapat menjadi sarana komunikasi dari tumbuhnya jiwa teknopreneurhip yang dapat mengembangan proses alih teknologi khususnya yang berorientasi pada pemanfaatan hasil penelitian dan pengembangan serta dapat mendorong peranan Iptek dalam peningkatan daya saing bangsa. (PUT)