gambar KUNJUNGAN KEPALA LIPI KE TECHNO PARK (TP) SAMOSIR

Pada tanggal 12-13 Maret 2018 yang lalu, Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Bambang Subiyanto mengadakan kunjungan ke Tekno-Park (Taman Teknologi) Perikanan Kabupaten Samosir. Tekno Park Samosir merupakan Tekno Park yang dibangun oleh pemerintah daerah Kabupaten Samosir bekerjasama dengan LIPI pada tahun 2015. Turut serta dalam kunjungan tersebut Bupati Samosir Rapidin Simbolon dan jajaran pimpinan LIPI lainnya. Kepala LIPI berserta jajaran dan Bupati Samosir melihat langsung penerapan teknologi dari LIPI di Balai Benih Ikan (BBI) atau Tekno Park Samosir.  

Kerjasama LIPI dengan Pemerintah daerah ini telah memberikan dampak yang signifikan, dalam hal memproduksi bibit ikan. Tekno Park Samosir telah melakukan pembinaan dan peredaran ikan Mas di Desa Huta Gurgur Kecamatan Sianjurmulamula. Pemerintah daerah Kabupaten Samosir berharap kedepan dengan produksi bibit ikan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga 100%.

Sebagai rangkaian kunjungan, Kepala LIPI melakukan kegiatan pemberian bantuan benih ikan dan saprokan kepada UKM yang selama dua tahun dibina oleh Pusat Penelitian Limnologi LIPI dan Pusat Inovasi LIPI. Kepala LIPI Bambang Subiyanto menyampaikan agar teknologi terbaru temuan LIPI dapat diterapkan di  Teknopark Samosir. “Saya sudah menyampaikan kepada para peneliti LIPI agar hasil penelitiannya berguna untuk masyarakat tidak berhenti di laci meja baru kita biayai penelitiannya” ujarnya.

Tahun ini, Tekno Park Samosir akan mendapatkan pendampingan dari Pusat Inovasi LIPI, agar dapat meningkatkan potensi pemanfaatan teknologi yang ada sehingga masyarakat bisa merasakan langsung dampak teknologi LIPI. Sebelum meninggalkan Teknopark Samosir, Bupati Rapidin bersama rombongan Kepala LIPI, Bappenas dan para Kapus LIPI melakukan penanaman pohon Alpukat di kawasan Teknopark Samosir. Acara diakhiri dengan diskusi tentang rencana aksi selanjutnya  pada tahun 2018-2019.