gambar KICK OFF MEETING PENGUATAN SENTRA KI

Jakarta – 29 Juni 2018, Pusat Inovasi LIPI merupakan satuan kerja Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang bertugas melaksanakan sebagian tugas Kedeputian Jasa Ilmiah LIPI, khususnya pengelolaan kekayaan intelektual (KI) serta transfer teknologi. Dalam menjalankan tugas tersebut, Pusat Inovasi LIPI berorientasi pada fasilitasi pemanfaatan dan komersialisasi hasil litbang Iptek LIPI untuk meningkatkan peran LIPI. Oleh karena itu rangkaian kegiatan Pusat Inovasi LIPI bertujuan untuk menciptakan terobosan, penemuan dan pembaruan dalam bidang penelitian dan pengembangan.

Pusat Inovasi LIPI berada di bawah koordinasi Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI. Sesuai dengan nomenklaturnya, maka Pusat Inovasi LIPI juga memiliki kewajiban untuk menyediakan dan memberikan layanan kepada masyarakat. Jenis layanan yang diberikan disesuaikan dengan tugas dan fungsi Pusat Inovasi LIPI, yaitu pengelolaan KI dan transfer teknologi. Kegiatan Penguatan Sentra KI ini merupakan salah satu platform Pusat Inovasi LIPI dalam melaksanakan tugas dan fungsinya.

Pusat Inovasi LIPI dapat menjadi role model bagi sentra KI universitas dan lembaga litbang lainnya dalam hal pengelolaan KI dan komersialisasinya. Dilihat dari sisi perolehan KI jika dihitung pada tahun 2018 LIPI telah menghasilkan dan mengelola 793 KI yang terdiri dari 693 Paten, 41 Hak Cipta, 31 Merek, 18 Desain Industri, dan 10 Perlindungan Varietas Tanaman. Dari sejumlah KI yang telah didaftarkan tersebut LIPI melalui Pusat Inovasi sebagai Sentra KI cukup memahami tantangan KI di Indonesia. Tidak hanya proses pendaftaran hingga sertifikasi KI, Pusat Inovasi LIPI juga memahami tantangan komersialisasi KI yang ada di Indonesia. Tantangan tersebut satu per satu telah dilewati dengan penerapan strategi yang sesuai sehingga saat ini LIPI telah memiliki sejumlah KI yang tersertifikasi, lisensi KI, kerjasama pengembangan dan industrialisasi teknologi. Berbekal pengalaman ini Pusat Inovasi LIPI memiliki tekad yang kuat untuk bisa maju bersama-sama dengan Sentra KI yang ada di Indonesia. Gerakan yang dilakukan secara bersama-sama tentu akan memberikan dampak yang lebih luas, khususnya dalam hal ini untuk meningkatkan kemampuan pengelolaan, produktivitas, dan pemanfaatan KI di dalam negeri. Pembinaan Pusat Inovasi LIPI terhadap Sentra KI yang dibina setidaknya akan menyelaraskan pola pikir, tata kelola, dan strategi dalam menangani masalah KI.

Sentra KI universitas dan lembaga litbang pada umumnya belum mampu mengelola KI yang dimiliki dengan baik. Padahal, Sentra KI memiliki posisi yang strategis dalam hal pemanfaatan KI oleh industri dan lembaga-lembaga lain sehingga KI yang telah didaftarkan oleh suatu lembaga memberikan nilai manfaat ekonomi. Jika fungsi-fungsi Sentra KI telah dijalankan sebagaimana mestinya maka efek positifnya dapat dirasakan sendiri oleh lembaga induk Sentra KI dan lebih luas yaitu bagi bangsa Indonesia.

Terkait dengan perihal tersebut maka Pusat Inovasi – LIPI mengadakan Acara Kick Off Meeting Penguatan Sentra KI yang dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 29 Juni 2018 bertempat di Gedung Widya Graha lantai 1 LIPI Jakarta. Pelaksanaan kegiatan ini bersumber pada program Insentif Penguatan Sentra KI dari Kemeterian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia. Pusat Inovasi – LIPI mengundang para pengelola hak kekayaan intelektual dari Sentra KI universitas dan lembaga litbang, antara lain dari Sentra KI Pusat Inovasi dan Standaarisasi Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Sentra KI Universitas Pakuan Bogor, dan Pengelola KI Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Tujuan kegiatan ini adalah 1) meningkatkan kompetensi pengelola KI di Sentra KI yang dibina, 2) membangun kesadaran dan meningkatkan kemampuan inventor di lembaga induk sentra KI untuk memanfaatkan KI dalam melindungi hasil penelitian, dan 3) meningkatkan kualitas dan kuantitas KI di lembaga induk sentra KI yang dibina sehingga bisa memberi dampak positif bagi produktivitas KI di dalam negeri. Sedangkan sasaran kegiatan ini adalah terlaksananya optimasi fungsi Sentra KI yang dibina, yaitu sebagai lembaga intermediasi bagi institusinya yang dapat berperan internal dan eksternal dalam bidang pengelolaan KI dan komersialisasinya.

Kegiatan yang dilaksanakan terkait pembinaan sentra KI pada Kick Off Meeting Penguatan Sentra KI ini adalah sebagai berikut:

1.    Peningkatan kemampuan sumber daya manusia bagi pengelola sentra KI yang dibina. Kegiatan ini akan dilaksanakan dalam bentuk pelatihan manajemen kekayaan intelektual yang meliputi:

- Standarisasi tata kelola arsip KI

- Pemanfaatan basis data KI secara digital

- Strategi identifikasi potensi invensi yang dapat dilindungi KI

- KI dan Pemanfaatannya;

2.    Konsultasi dan Pendampingan pembuatan draft KI (paten dan KI lainnya);

3.    Pemantauan hasil kerja melalui basis data digital secara real-time dan pertemuan secara periodik setiap bulannya;

4.  Pembuatan laporan hasil pembinaan yang ditandatangani sentra KI pembina dan sentra KI yang dibina.

Oleh karena itu, melalui kegiatan Penguatan Sentra KI ini diharapkan bahwa Pusat Inovasi LIPI mampu berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang pengelolaan KI dan komersialisasinya. Sehingga, Sentra KI yang dibina memperoleh gambaran strategi pelaksanaan pengelolaan KI komersialisasi yang sesuai dengan iklim institusinya. (THP)