gambar KEPALA PUSAT INOVASI DIKUKUHKAN SEBAGAI PROFESOR RISET

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) pada Rabu (16/8) di Auditorium Utama LIPI Pusat Jakarta mengukuhkan Kepala Pusat Inovasi Bapak Nurul Taufiqu Rochman sebagai salah satu Profesor Riset dari ketiga Profesor Riset yang baru dikukuhkan.

Dalam Orasi Pengukuhan Profesor Riset LIPI, Nurul menyampaikan orasi dengan judul Pengembangan Material Nano Berbasis Sumber Daya Alam Indonesia dan Aplikasinya pada Industri. Menurutnya, nanoteknologi menjadi isu yang sangat penting khususnya dalam konteks pemberian nilai tambah Sumber Daya Alam (SDA) Indonesia, baik mineral maupun hayati. Dengan mengolah SDA Indonesia dan menggunakan nanoteknologi, dapat dibuat material-material nano sebagai bahan baku industri nasional dan juga berpeluang menjadi bahan baku pengganti impor.

 
Berbagai metode dan alat khususnya berbasis ball mill (penggiling) telah berhasil dikembangkan untuk membuat material nano dari berbagai SDA Indonesia. Metode dan alat yang telah dipatenkan tersebut telah digunakan di perguruan tinggi, pusat penelitian dan pengembangan kementerian/lembaga dan industri untuk berbagai penelitian serta pengembangan produk-produk komersial. Capaian ini tidak hanya berkontribusi pada pengembangan Litbang nanoteknologi, tetapi juga secara nyata berkontribusi pada pemberian nilai tambah SDA Indonesia menjadi bahan baku industri dan menggerakkan perekonomian nasional.

Plt Kepala LIPI, Bambang Subiyanto berharap dengan bertambahnya Profesor Riset di lingkungan LIPI, meningkat pula kontribusi dan manfaat LIPI untuk masyarakat dan para stakeholder, melalui peningkatan kualitas SDM peneliti, peningkatan kualitas hasil penelitian, dan pemilihan topik-topik penelitian yang berorientasi pada kebutuhan nasional. Hal ini sejalan dengan visi LIPI yaitu Menciptakan Invensi Ilmu Pengetahuan yang Mendorong Inovasi Dalam Rangka Meningkatkan Daya Saing Ekonomi Bangsa.

Kemudian, dia berharap pula agar para Profesor Riset memberikan sumbangsih dalam peringatan ulang tahun ke-50 LIPI pada tahun ini. Ulang tahun kali ini menjadi momentum bagi LIPI untuk melakukan refleksi dan sekaligus menampilkan hasil-hasil penelitian dan inovasi selama separuh abad LIPI berdiri.
 
Di sisi lain, Bambang mengharapkan agar para Profesor Riset senantiasa membina, memotivasi dan memberi contoh teladan kepada para peneliti muda di lingkungan kerjanya. Hal itu agar regenerasi peneliti yang profesional dan berintegritas tinggi terus berlangsung dengan baik. (Humas LIPI)