gambar KEGIATAN INKUBASI DAN STP DIDORONG DAPAT MENGHASILKAN KERJASAMA LISENSI

Kegiatan inkubasi dan Science Technology Park (STP) merupakan program unggulan Pusat Inovasi LIPI yang melibatkan peneliti dilingkungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Dalam pelaksanaannya diperlukan pengawasan yang intensif untuk mengevaluasi sejauhmana kegiatan tersebut telah dijalankan secara optimal. Dalam rangka hal tersebut, maka Pusat Inovasi menyelenggarakan kegiatan monitoring semester 1 (satu) kegiatan Inkubasi dan STP selama 4 (empat) hari 17-20 Juli 2018.

Dalam sambutan dan arahan pembukaan kegiatan monitoring ini, Deputi Jasa Ilmiah, Dr. Mego Pinandito, M.Eng mengatakan monitoring yang dilakukan ini sangat penting agar kita bisa duduk bersama, mendiskusikan kekurangan di semester 1 (satu) ini, agar bisa dikejar untuk diperbaiki selama sisa waktu kedepan. “Kami berharap semua peneliti tetap semangat. Walaupun belum sepenuhnya siap namun kita bisa mendiskusikan bersama untuk tujuan kedepan yang lebih baik. Bahkan saya berharap monev ini bukan hanya paparan saja tapi bisa tinjauan ke lapangan sehingga kita bisa memahami apa yang dihadapi peneliti” ujar Mego.

Lebih lanjut Mego berpesan agar kegiatan inkubasi ini jangan hanya berhenti sampai terpenuhinya output kegiatan seperti produk/prototype dihasilkan. Tetapi bagaimana produk tersebut bisa bernilai ekonomi, yang direalisasikan dalam bentuk kerjasama adopsi/lisensi teknologi dengan mitra. Proses alih teknologi dan komersialisasi ini bukan hal yang mudah dan memerlukan waktu yang tidak sebentar. Oleh sebab itu Mego menekankan pentingnya untuk mempercayakan proses alih teknologi dan komersialisasi pada Pusat Inovasi LIPI. (put)