gambar INVENTOR DAN BREEDER AWARDS 2017

Jakarta, 23 Agustus 2017 - Melanjutkan tradisi yang telah dibangun sebelumnya, di tahun 2017 ini Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Inovasi di bawah Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah - LIPI kembali menyelenggarakan acara pemberian penghargaan kepada para inventor yang telah mendapatkan sertifikat  Paten dan dicatatkan sebagai Aset Tak Berwujud (ATB) milik negara melalui Inventor Awards. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2017 ini Pusat Inovasi tidak hanya memberikan penghargaan Inventor Awards, namun juga Breeder Awards. Kedua penghargaan ini diselenggarakan bersamaan dengan perayaan Hari Ulang Tahun Emas LIPI yang ke 50. Jika Inventor Awards diberikan kepada para inventor yang telah mendapatkan sertifikat Paten, maka Breeder Awards diberikan kepada para pemulia yang telah mendapatkan sertifikat Perlindungan Varietas Tanaman (PVT).

Para inventor dan pemulia merupakan aset intelektual LIPI yang selayaknya diberikan penghargaan atas karya-karya yang telah dihasilkannya. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi para peneliti dan pemulia untuk terus berpacu dalam menghasilkan invensi dan inovasi di bidang pertanian berbasis sumber daya alam. Para peneliti dan pemulia diharapkan akan semakin giat untuk merakit varietas-varietas tanaman baru yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Hal tersebut diatas yang melatarbelakangi diselenggarakannya Inventor dan Breeder Awards 2017 ini.

Inventor dan Breeder Awards 2017 ini diselenggarakan dalam satu rangkaian kegiatan dengan HUT Emas LIPI ke 50 Tahun di Auditorium Lantai 2 Gedung Widya Graha Jakarta pada tanggal 23 Agustus 2017. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada Pegawai/Peneliti LIPI atas produktivitasnya di bidang Hak Kekayaan Intelektual serta menumbuhkembangkan semangat berinovasi di lingkungan peneliti. Sasaran kegiatan ini adalah terselesaikannya pemberian penghargaan Inventor dan Breeder Awards LIPI kepada Pegawai/Peneliti LIPI yang berhasil menemukan suatu invensi dan telah mendapatkan sertifikat paten dari Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual – Kemenkumham RI dan penemuan varietas baru yang telah mendapatkan sertifikat PVT dari Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian - Kementerian Pertanian.

Tahun 2017 ini terdapat 31 invensi dengan jumlah inventor 110 orang dari 12 satuan kerja pengusul paten yang mendapatkan Inventor Awards 2017 serta 5 PVT dengan jumlah pemulia 8 orang dari Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor sebagai pengusul PVT. Pusat Inovasi memberikan penghargaan berupa piagam, plakat, copy sertifikat, dan Surat Keputusan dari Pelaksana Tugas Kepala LIPI kepada setiap inventor dan pemulia, serta sejumlah uang untuk setiap invensi dan PVT yang tersertifikasi. Penghargaan kepada inventor dan pemulia diberikan atas invensi dan varietas barunya yang telah tercatat menjadi aset tak berwujud milik negara. Sertifikat paten dan PVT dari LIPI merupakan wujud kontribusi nyata dalam meningkatkan perolehan jumlah paten dan PVT nasional. (THP)