gambar Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan LIPI Tahun 2016

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia yang ke-49, LIPI mengadakan berbagai kompetisi salah satunya adalah lomba Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan LIPI Tahun 2016. Lomba ini baru pertama kalinya diadakan oleh LIPI, sebagai wujud keseriusan LIPI untuk ikut serta dalam lomba Inovasi Pelayanan Publik yang diadakan oleh Kementerian PANRB. Kurang lebih terdapat 20 satuan kerja di LIPI yang ikut serta dalam perlombaan ini. Pusat Inovasi turut ambil bagian dengan mengusung inovasi Sistem Informasi Pengelolaan HKI LIPI.

LIPI sebagai instansi pemerintah produsen paten terbesar di Indonesia memiliki kewajiban untuk menginformasikan seluruh kekayaan intelektual (baik paten maupun HKI lainnya) yang telah dihasilkan kepada masyarakat atau stakeholder terkait dalam rangka transparansi publik. Dengan mengakses Sistem Informasi Pengelolaan HKI LIPI yang beralamat di http://inovasi.lipi.go.id/hki  pengunjung akan memperoleh informasi antara lain:

  1. Jumlah HKI terdaftar (Paten, Hak Cipta, Merek, Desain Industri, dan Perlindungan Varietas Tanaman) dan informasi yang mendetail.
  2. Monitoring status proses HKI terdaftar.
  3. Produktivitas HKI terdaftar setiap satuan kerja di LIPI.
  4. Produktivitas HKI terdaftar setiap tahunnya.
  5. Fitur pencarian sederhana dan tingkat lanjut (advanced).
  6. Pengajuan pendaftaran Paten dan HKI lainnya bagi peneliti LIPI
Pengumuman pemenang perlombaan ini dilakukan pada tanggal 23 Agustus 2016 yang merupakan tanggal HUT LIPI Ke-49. Dengan bangga Pusat Inovasi memperoleh Juara 2 Lomba Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan LIPI Tahun 2016. Semoga dengan adanya inovasi pelayanan ini dapat memberikan kemudahan bagi para stakeholder terkait, sehingga dapat terus meningkatkan perolehan HKI LIPI.
(PAR)