gambar Work Meeting Center for Inovation 2017

[Not yet translated]

Bogor, 23-24 Maret 2017 – Pusat Inovasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (Pusat Inovasi - LIPI) menyelenggarakan Rapat Kerja dan Workshop Pusat Inovasi – LIPI 2017 di Bumi Cekeas Hotel and Resort - Sukaraja - Bogor pada tanggal 23-24 Maret 2017 dengan tema ”Re-Design Program, Branding, dan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Rangka Peningkatan Peran Pusat Inovasi - LIPI pada Daya Saing Bangsa”. Rapat Kerja ini menitik beratkan pada perencanaan kegiatan kerja yang dilaksanakan selama tahun 2017 mengenai Program dan Anggaran, Kinerja Sumber Daya Manusia, dan layanan Publik di Pusat Inovasi – LIPI. Bersamaan dengan Rapat Kerja Pusat Inovasi – LIPI, juga dilaksanakan Workshop Peningkatan Jejaring dan Branding Pusat Inovasi – LIPI dalam rangka memperkuat jejaring kerjasama dengan pemerintah, industri, akademisi dan pemangku kepentingan  di Kabupaten/Kota Bogor Provinsi Jawa Barat yang dapat mendukung meningkatnya daya saing bangsa Indonesia. Dalam rangka mencapai tujuan Raker Pusat Inovasi – LIPI 2017, dibentuk 3 (tiga) komisi, yaitu Komisi Program, Komisi Branding dan Komisi SDM.

Raker Pusat Inovasi - LIPI 2017 dihadiri oleh 62 orang yang terdiri atas Wakil Kepala LIPI; Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI; Kepala Pusat Inovasi - LIPI terdahulu; seluruh sivitas Pusat Inovasi; dan tamu undangan lainnya dari Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Bogor; Puslitbang Ketenagalistrikan PT PLN; serta Direktur Utama Indo Metamorph Consulting.

Hari pertama Raker Pusat Inovasi - LIPI 2017 dimulai dengan sambutan dan laporan ketua penyelenggara Raker Pusat Inovasi - LIPI 2017 (Ragil Yoga Edi, S.H., LL.M.) Dalam sambutannya disampaikan 3 isu penting yang diamanatkan untuk ditindaklanjuti di Pusat Inovasi - LIPI yaitu program, branding, dan SDM. Ketiga isu tersebut telah dibahas dalam pra raker yang dilaksanakan pada tanggal 21-22 Maret 2017 dan dipaparkan pada tanggal 24 Maret 2017. Raker Pusat Inovasi – LIPI tahun 2017 dilaksanakan dilokasi tertentu dengan harapan dapat memfokuskan pembahasan sehingga dihasilkan rumusan yang baik dan berdampak untuk semua pemangku kepentingan.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala Pusat Inovasi - LIPI (Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng) yang menyampaikan bahwa dengan eksistensi LIPI selama 50 tahun perlu diperhatikan kembali hasil-hasil dan peranan LIPI terhadap stakeholder sehingga dilakukan re-desain program dan penguatan branding untuk membuat LIPI lebih terkenal oleh masyarakat dan pemangku kepentingan. Pentingnya peranan Pusat Inovasi LIPI dalam mengemban hilirisasi produk LIPI dalam peningkatan layanan khususnya di Kedeputian Bidang Jasa Ilmiah LIPI.

Raker Pusat Inovasi – LIPI 2017 ini dibuka oleh Wakil Kepala LIPI (Prof. Dr. Bambang Subiyanto, M.Agr.), dan kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan workshop Re-Design Program, Branding, dan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam Rangka Peningkatan Peran Pusat Inovasi - LIPI pada Daya Saing Bangsa yang disampaikan oleh Prof. Dr. Bambang Subiyanto, M.Agr dengan tema “Refocusing Misi Pusat Inovasi - LIPI Sebagai Pusat Alih Teknologi dan STP Nasional”. Dalam paparannya beliau menyampaikan 3 peran utama LIPI sebagai lembaga riset yaitu science for science, science for community dan science for stakeholders. Proporsi science for stakeholders harus lebih besar dibandingkan dengan yang lainnya. Untuk mencapai hal tersebut perlu ditetapkan strategi dengan penajaman program, dimana kegiatan dan hasil riset LIPI harus dapat diaplikasikan dan bermanfaat. Refocusing program LIPI juga perlu dilakukan agar tidak bersifat divergen sehingga mencapai target utama LIPI dalam “Penguatan Ketahanan Pangan dan Energi dalam kerangka Pembangunan Wilayah Untuk Peningkatan Daya Saing Bangsa”. Di samping itu juga disampaikan strategi untuk penguatan branding LIPI oleh masing-masing satuan kerja yang ada di lingkungan LIPI khususnya dalam memperkuat difusi hasil riset LIPI. Sehingga mind set peneliti perlu diubah agar penelitian dilakukan hingga tahap implementasi dengan tetap berkoordinasi dengan STP (Pusat Inovasi - LIPI).

Pelaksanaan workshop dilanjutkan dengan pemaparan “Communication Strategy and Creative Problem Solving” oleh Dr. Hery Margono. Dalam paparannya beliau menyampaikan Creative Problem Solving merupakan salah satu strategi utama dalam meningkatkan komunikasi dan penguatan kreatifitas dalam membentuk brand tersendiri. Kunci komunikasi harus bersifat simple  dan single minding. Dalam Creative Problem Solving juga dibutuhkan inovasi, dan di dalam proses inovasi diperlukan perubahan. Langkah-langkah dalam pelaksanaan Creative Problem Solving sangat membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik. Dengan komunikasi yang baik mampu mempengaruhi persepsi dan pengambilan keputusan.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh perwakilan Bappedalitbang Pemerintah Kabupaten Bogor (Drs. Iskandar Zulkarnain, SE, M.Si) dengan tema “Arah Kebijakan Pemkab Bogor Terkait Pengembangan IPTEK untuk Daya Saing Wilayah”. Dalam paparannya beliau menyampaikan tentang gambaran umum, visi dan misi, isu-isu strategis tahun 2017 dan langkah-langkah strategis Kabupaten Bogor. Kabupaten Bogor berkomitmen untuk mengembangkan infrastruktur untuk mewujudkan visinya sebagai Kabupaten termaju di Indonesia. Selanjutnya penjabaran tentang indikator ekonomi dan 25 ciri utama dalam rangka pencapaian visi Kabupaten Bogor. Pemerintah Kabupaten Bogor juga membuka peluang kerjasama dengan universitas dan lembaga litbang termasuk dengan LIPI dalam rangka pengembangan Inovasi Daerah. Dalam paparannya ditetapkan 3 arah kebijakan utama pemerintah Kabupaten Bogor yaitu penguatan regulasi, implementasi Sistem Inovasi Daerah dan tata kelola yang baik.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Puslitbang Ketenagalistrikan PT. PLN (Dr. Zainal Arifin) dengan tema “ Pengelolaan Inovasi PLN dan Peluang Kerja Sama Riset”. Dalam paparannya beliau menyampaikan gambaran umum PT. PLN, bisnis proses organisasi, produk-produk Puslitbang Ketenagalistrikan PT. PLN dan inovasi-inovasi yang telah diterapkan di Puslitbang Ketenagalistrikan PT. PLN.  Keuntungan ekonomi yang diperoleh dari pelaksananan inovasi serta isu strategis koporasi khususnya pengembangan energi terbarukan. Peluang kerjasama dengan Pusat Inovasi - LIPI khususnya dalam membantu drafting patent produk hasil penelitian Puslitbang Ketenagalistrikan PT. PLN, pengkajian isu strategis dalam menjawab permasalahan kelistrikan nasional, kerjasama riset di bidang energi baru terbarukan dan coaching pengelolaan inovasi khususnya difusi dan komersialisasi hasil riset.

Dalam acara berikutnya dilanjutkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kinerja Kepala Bidang/Bagian Pusat Inovasi - LIPI dengan Kepala Pusat Inovasi – LIPI yang disaksikan oleh Bapak Wakil Kepala LIPI. Dari Bidang Manajemen Kekayaan Intelektual diwakili oleh Harini Yaniar, S.Si., M.Kom., sedangkan dari Bidang Inkubasi dan Alih Teknologi diwakili oleh Dr. Sasa Sofyan Munawar, S.Hut., MP., dan dari Bagian Tata Usaha diwakili oleh Tri Budi Setyaningsih, ST., MT.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan dan review hasil sidang komisi Program oleh Dr. Sasa Sofyan Munawar, S.Hut., MP, komisi Branding oleh Drs. Mauludin Hidayat, M.Sc., dan komisi Sumber Daya Manusia (SDM) oleh Tri Budi Setyaningsih, ST, MT. Pelaksanaan hari pertama Raker Pusat Inovasi - LIPI tahun 2017 diakhiri dengan arahan dari Deputi Bidang Jasa Ilmiah - LIPI (Dr. Mego Pinandito, M.Eng.) yang menyampaikan strategi penguatan program dan branding serta rencana aksi yang dapat dilakukan untuk mendukung refocusing program LIPI untuk tahun 2018-2019.

Hari kedua Raker Pusat Inovasi - LIPI 2017 dimulai dengan sambutan Kepala Pusat Inovasi - LIPI yang kemudian dilanjutkan dengan pemaparan hasil rumusan Raker Pusat Inovasi -  LIPI 2017 yang disampaikan oleh Ketua PME Pusat Inovasi - LIPI (Syukri Yusuf Nasution, S.T.) dan dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh Kepala Pusat Inovasi - LIPI (Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng.).

Dalam rangka untuk semakin mempererat silaturrahim dan kerjasama antar pegawai Pusat Inovasi – LIPI selanjutnya dilaksanakan outbond sebagai sarana refreshing yang dipandu oleh tim outbond dari Bumi Cikeas Hotel and Resort Bogor. Setelah mengikuti outbond para pegawai diharapkan akan lebih bersemangat dalam bekerja dan menjadikan Pusat Inovasi - LIPI sebagai rumah kedua bagi para pegawai serta mendedikasikan dirinya lebih tinggi lagi bagi Pusat Inovasi - LIPI. (THP)