gambar INCUBATOR OF INDONESIAN INSTITUTE OF SCIENCES HELD THE TENANT CAPACITY BUILDING

(NOT YET TRANSLATE)

Tim Inkubator Pusat Inovasi LIPI pada hari Selasa-Rabu tanggal 24-25 April 2018 mengadakan kegiatan workshop dengan tema “Pengembangan model bisnis dan strategi komersialisasi dalam rangka penguatan kapasitas tenant” yang diselenggarakan di gedung Auditorium Pusat Inovasi LIPI, Cibinong. Kegiatan tersebut dihadiri oleh 34 peserta yang tak lain adalah tenant inkubator Pusat Inovasi LIPI.

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diisi oleh tim dari PT Hebat Inovasi Indonesia sebagai narasumber, diantaranya Dr. Etty Susilawati, S.E, M.M, Hartono Hutomo,S.TP., Dr. Handito Joewono, dan Adolf Siregar, M.M. Hari pertama kegiatan workshop terdiri dari dua sesi, dimana sesi pertama diisi dengan materi Pengantar Wawasan Technopreneur dan Pengantar Business Model Canvas yang dilanjutkan pada sesi kedua dengan materi Penyusunan Business Model Canvas serta Review dan Penajaman Business Model Canvas dimana peserta juga turut andil dalam sesi tersebut. Pada hari kedua, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan sesi ketiga workshop, yang diisi dengan materi Membangun Jejaring Bisnis, Pemaparan strategi Bisnis dan studi kasus, serta Pemaparan Action Plan. Seperti hari sebelumnya, peserta juga dituntut untuk turut andil dalam diskusi yang membahas Penyusunan Action Plan, serta Review Action Plan.

Dalam arahannya, Kepala Pusat Inovasi LIPI Prof. Dr. Nurul Taufiqu Rochman, M.Eng mengatakan pentingnya strategi pengembangan bisnis adalah Strategi Keuangan, pemasaran, operasional, dan produk. Deputi Jasa Ilmiah LIPI Dr. Mego Pinandito berharap kegiatan pembentukan PPBT (Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi) semakin ditingkatkan.

Pada acara yang sama, LIPI melakukan graduasi 15 (lima belas) tenant dan penganugerahan untuk Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) terbaik. Diselenggarakannya kegiatan ini memiliki tujuan agar para peserta workshop yang merupakan tenant inkubator pusinov LIPI mendapatkan kesempatan untuk lebih mempertajam pengembangan bisnis yang dibangun sehingga dapat mencapai target dan tujuan yang diharapkan oleh seluruh pihak.