Alih Teknologi dan Inovasi

Sebagai satuan kerja di LIPI yang melaksanakan fungsi intermediasi PPII LIPI mendorong pemanfaatan HKI dan hasil-hasil penelitian LIPI. Dengan peran tersebut, maka pada tahun 2019, PPII LIPI sebagai Pusat Alih Teknologi LIPI melayani alih teknologi baik ke dalam maupun ke luar negeri.

Layanan Analisis dan Jasa Teknologi, Inovasi dan Industri

Penetapan nilai suatu teknologi merupakan tahapan yang harus dilakukan sebelum dilakukan alih teknologi. Teknologi yang dihasilkan oleh para peneliti LIPI dianalisis untuk menetapkan nilai teknologi tersebut. Layanan ini membantu baik itu peneliti maupun mitra untuk menetapkan nilai ekonomis suatu teknologi.

Fasilitasi kontrak kerjasama dan inovasi

Kerjasama dimaksud merupakan kerjasama dibidang penelitian, pengembangan dan pemanfaatan alih teknologi melalui perjanjian kerjasama. Pelaksanaan kerjasama dilakukan dengan tetap memperhatikan perlindungan hukum atas kekayaan intelektual serta hasil kegiatan penelitian dan pengembangan LIPI. Kerjasama tersebut diarahkan untuk memacu pengembangan IPTEK serta mempercepat alih teknologi kepada pengguna hasil-hasil penelitian. Kerjasama penelitian dijalin dengan perguruan tinggi, instansi pemerintah dan non pemerintah, swasta maupun perorangan, serta lembaga-lembaga penelitian baik dalam negeri maupun luar negeri.

Layanan Pemanfaatan/Alih Teknologi hasil penelitian LIPI

Alih teknologi merupakan pengalihan kemampuan memanfaatkan dan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang dihasilkan oleh LIPI dengan Lembaga lain, badan, atau orang, baik yang berada di lingkungan dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri ke dalam negeri atau sebaliknya.

Mekanisme alih teknologi dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu secara komersial dan nonkomersial.

Salah satu skema alih teknologi ke industri adalah melalui lisensi, yaitu kesepakatan penggunaan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) yang dihasilkan LIPI dan digunakan oleh pihak lain berdasarkan perjanjian. LIPI menerima manfaat/imbalan atas penggunaan HKI tersebut. Sementara itu, pihak yang menerima alih teknologi diharapkan mampu memanfaatkan dan menguasai teknologi tersebut untuk kepentingan masyarakat.

  • Promosi teknologi
  • Ekspose Teknologi

Dalam ekspose teknologi disajikan dan dipaparkan penjelasan teknologi inovasi hasil-hasil penelitian LIPI kepada Investor, perusahaan, masyarakat umum, pemangku kepentingan dari Eksekutif, Legislatif, LSM, dll. Melalui ekspose inovasi hasil penelitian-penelitian ini diharapkan tercipta awareness dan interest para calon pengguna dan terutama calon mitra atas keberadaan dan keunggulan produk-produk inovatif berbasis teknologi hasil riset LIPI. Penjualan produk bukan menjadi tujuan utama pada event ini, kalaupun ada itu dimaksudkan sebagai market trial sebagai indikasi adanya respon pasar. Penjualan poduk nantinya dilakukan oleh perusahaan mitra (melalui lisensi teknologi atau skema alih teknologi lainnya).

  • Temu Bisnis (Business matching & Business Meeting)

Temu bisnis merupakan pertemuan yang mengumpulkan innovator dengan para pelaku bisnis (investor, perusahaan, distributor, Pemerintah Daerah dll). Temu Bisnis merupakan upaya mengkomunikasi dan menghantarkan inovasi hasil penelitian LIPI kepada calon pengguna atau investor. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan terjadinya alih teknologi dan bentuk-bentuk kerjasama lainnya dengan mitra (investor, perusahaan, distributor, Pemerintah Daerah dll).

  • Pameran Teknologi dan Produk LIPI

Pameran teknologi dan produk LIPI merupakan event yang diselenggarakan untuk memperkenalkan, menampilan dan mempromosikan berbagai teknologi dan produk hasil penelitian yang telah dicapai LIPI kepada publik secara umum dan khususnya lagi investor, perusahaan, distributor dan Pemerintah Daerah. Melalui pameran teknologi dan produk LIPI ini diharapkan dapat menarik minat para pelaku bisnis atas teknologi dan produk LIPI.  

 

Hubungi lebih lanjut
Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia
Gedung Inovasi LIPI
Jalan Raya Jakarta-Bogor KM.47 Cibinong Bogor
Telp.021-87917216, 7219
Faks.021-87917221
Email info.inovasi@mail.lipi.go.id