Penjajakan Kerjasama STMIK DCI dengan PPII LIPI

Penjajakan Kerjasama STMIK DCI dengan PPII LIPI

Sesuai amanah Undang-undang Perguruan Tinggi no.12 Tahun 2012, perguruan tinggi dituntut untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya dengan melaksanakan penelitian. Pada hari Rabu (05/02) PPII LIPI menerima kunjungan dari Sekolah Tinggi Manajemen Informatik & Komputer (STMIK) DCI untuk melakukan penjajakan kerjasama dengan LIPI sebagai mitra penelitian.

Penyampaian profil, tupoksi dan proses bisnis PPII LIPI

Ario Tutuko sebagai perwakilan PPII dari Bidang Alih Teknologi yang saat itu menerima kunjungan, menyampaikan pengenalan profil, tupoksi dan proses bisnis di PPII.

Pada saat ini mahasiswa STMIK DCI sedang melakukan penelitian tentang alat pendeteksi (micro controller) kandungan dan kelembaban tanah, beserta kemungkinan tanaman yang potensial untuk ditanam dengan tanah tersebut. Tutur Agus Ramdhani sebagai perwakilan STMIK DCI dalam kunjungan ini.

“Selain itu juga sedang dilakukan penelitian terkait smart farming dengan sistem yang dikembangkan berbasis IOT. Dengan alat tersebut sistem pengairan tanaman dilakukan dengan otomasi. Disamping hal-hal yang telah dilakukan, STMIK memerlukan dukungan dari stakeholder demi penyempurnaan penelitian terutama mengenai data pendukung”, Agus menambahkan.

Perwakilan STMIK DCI Tasikmalaya

Salah satu peserta dari STMIK DCI, Iman Hikmat menyampaikan persamaan salah satu tupoksi STMIK dengan PPII yaitu sebagai inkubator bisnis teknologi. Didalamnya, STMIK memberi pembinaan UKM Tasikmalaya dalam bidang informatika, sosial ekonomi masyarakat dan juga lingkungan. Selain itu juga pembinaan dilakukan pada bidang peternakan yang merupakan salah satu potensi masyarakat Tasik malaya.

Hadir pula Zulhamdani dari sub bidang valuasi PPII, memberi arahan agar supaya penjajakan  kerjasama dapat lebih  fokus, pihak  STMIK DCI dipersilahkan untuk menyampaikan proposal dan data bidang kerjasama yang ingin dibangun. Kemudian Ario pun menambahkan bahwa untuk penelitian bidang TIK berada pada P2Informatika LIPI topik penelitian, maka PPII akan mengarahkan kerjasama ke satuan kerja tersebut. Proses kerjasama dapat dimulai dari MoU yang kemudian dapat berlanjut ke kerjasama penelitian (S.N)