Kepala LIPI Lakukan Cek Fisik Gedung Baru di Kampus LIPI Cibinong

Kepala LIPI Lakukan Cek Fisik Gedung Baru di Kampus LIPI Cibinong

Pada hari Jumat (10/01), Kepala LIPI didampingi oleh Kepala PPII-LIPI, Kepala Biro Umum-LIPI, Kepala P2Biomaterial-LIPI, dan Kepala Pusbindiklat-LIPI melakukan cek fisik beberapa gedung baru di lingkungan kampus Cibinong LIPI. Sebagaimana rencana awal tahun sebelumnya, pembangunan gedung-gedung yang dibiayai dengan dana SBSN ini telah dilakukan selama kurun waktu 1 tahun pada tahun 2019.

Kunjungan ke Gedung Laboratorium Pusat Penelitian Biomaterial

Kegiatan yang dilakukan dengan jalan santai bersama ini, diawali dengan mengunjungi gedung baru laboratorium di Pusat Penelitian Biomaterial (P2Biomaterial) LIPI. Kepala Biomaterial menunjukan perkembangan pembangunan yang sudah melalui tahap final. Beberapa sarana di gedung laboratorium ini akan segera disediakan.

Kunjungan ke Gedung Laboratorium Pusat Penelitian Biomaterial
Kunjungan ke Gedung Laboratorium Pusat Penelitian Biomaterial

Kemudian jalan santai dilanjutkan ke Gedung Asrama dan Gedung Pembelajaran yang berada di area Pusat Bimbangan, Pendidikan dan Pelatihan (Pusbindiklat) LIPI. Sama halnya dengan gedung laboratorium, gedung asrama dan gedung pembelajaran pun sudah melalui tahap akhir. Adapun sarana dan prasana penunjang pada kedua gedung yang masing-masing berlantai 2 ini telah tersedia. Terdapat 48 kamar inap yang dapat digunakan bagi peserta dan pengajar yang melakukan kegiatan diklat di Gedung Pembelajaran. Sedangkan di Gedung Pembelajaran, selain tersedia beberapa ruang diklat juga terdapat ruang pertemuan dengan kapasitas 500 orang.

Sebelum melanjutkan pengecekan ke gedung baru berikutnya, Kepala LIPI menyempatkan untuk berkunjung ke Gedung Herbarium di area Pusat Penelitian Biologi LIPI. Kepala mengunjungi ruang penyimpanan koleksi spesimen herbarium dan bertemu dengan Kepala Pusat Penelitian Biologi dan para peneliti taksonomi. Kepada Kepala P2Biologi dan para peneliti, Kepala LIPI memberi beberapa arahan terkait penambahan koleksi dan penambahan pegawai baru sebagai asisten riset dan kurator melalui jalur PPNPM.

Kunjungan ke Gedung Tenant

Setelah selesai mengunjungi P2Biologi, Kepala LIPI melanjutkan pengecekan ke Gedung Pilot Plant dan Gedung Tenant yang berada di area Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) LIPI. Di Gedung Pilot Plant, Kepala memantau beberapa ruang pertemuan dan ruang laboratorium skala pilot. Kemudian peninjauan terakhir dilakukan ke Gedung tenant.
Di Gedung tenant ini telah disediakan 26 ruang tenant dan ruang penunjang lainnya seperti ruang rapat yang siap dipakai oleh start up yang menjadi tenant pada Inkubator Bisnis Teknologi LIPI. Jumlah ruangan tersebut merupakan penambahan dari ruang tenant pada Gedung Inovasi yang sudah berdiri sebelumnya.

Sarapan bersama di Gedung Inovasi LIPI

Menjelang siang, kegiatan jalan santai bersama Kepala LIPI dan Kepala Satuan kerja di lingkungan kampus Cibinong ini diakhiri dengan sarapan bersama di Gedung Inovasi PPII-LIPI. (SN)