KUNJUNGAN STUDI PENUMBUHAN WIRAUSAHA BARU IKM PANGAN MELALUI INKUBATOR BISNIS DIREKTORAT JENDERAL INDUSTRI KECIL, MENENGAH DAN ANEKA – KEMENPERIN RI DI PPII – LIPI

KUNJUNGAN STUDI PENUMBUHAN WIRAUSAHA BARU IKM PANGAN MELALUI INKUBATOR BISNIS DIREKTORAT JENDERAL INDUSTRI KECIL, MENENGAH DAN ANEKA – KEMENPERIN RI DI PPII – LIPI

Cibinong, 11 Desember 2019. Direktorat Industri Kecil dan Menengah Pangan, Barang Dari Kayu, dan Furnitur – Kementerian Perindustrian Republik Indonesia mempunyai tugas melaksanakan perumusan dan pelaksanaan rencana induk pembangunan industri nasional, kebijakan industri nasional, penyebaran dan pemerataan industri, pembangunan sumber daya industri, pembangunan sarana dan prasarana industri, pemberdayaan industri, perizinan industri, penumbuhan wirausaha, pelaksanaan fasilitasi industri, promosi industri dan jasa industri, serta kebijakan teknis pengembangan industri di bidang industri kecil dan industri menengah pangan, barang dari kayu, dan furnitur. Salah satu misinya adalah Mendorong Tumbuhnya Wirausaha Baru Industri Kecil dan Menengah (IKM).

Sehubungan dengan misi tersebut rencana pelaksanaan Program Penumbuhan Wirausaha Baru Industri Kecil dan menengah khususnya komodoti pangan pada tahun 2020, Direktorat IKM Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur akan melaksanakan Penyusunan Konsep Model Inkubator Bisnis Komoditi Pangan yang dapat diterapkan dalam penumbuhan dan pengembangan IKM pangan. Oleh karena itu melalui Direktorat IKM Pangan, Barang dari Kayu dan Furnitur beserta Tim Ahli melaksanakan kunjungan Studi Penumbuhan Wirausaha Baru IKM Pangan melalui Inkubator Bisnis di Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPII – LIPI) untuk dapat mempelajari best practice pengelolaan beberapa inkubator bisnis pangan di Indonesia.

Dalam kunjungan dan diskusi tersebut, rombongan yang terdiri dari 4 (empat) orang yaitu Yakin Arifin selaku pimpinan rombongan, Ratih Pratiwi, Nurhayati, dan Heppi Puspita disambut oleh Kepala Bagian Tata Usaha PPII – LIPI Chichi Shintia Laksani, S.E, M.E. dan Bukky Suwarno, M.B.A. selaku Kepala Subbidang Inkubasi Teknologi Perusahaan Rintisan.

Pada sambutannya Chichi Shintia Laksani menyampaikan paparan singkat tentang profil, layanan, fasilitas, serta memberikan penjelasan dan gambaran PPII – LIPI dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Berkaitan dengan hal tersebut PPII – LIPI yang salah satu tugas dan fungsinya adalah pelaksanaan inkubasi teknologi menyampaikan presentasi mengenai Inkubasi Teknologi Perusahaan Rintisan dan Fasilitasi Pengembangan untuk UMKM yang disampaikan oleh Bukky Suwarno.

Setelah penyampaian presentasi dilanjutkan dengan diskusi atau sharing knowladge terkait inkubator bisnis kedua belah pihak. Kemudian tamu rombongan melanjutkan kunjungan ke gedung pilot plan untuk melihat sarana dan peralatan yang dimiliki PPII – LIPI. (THP).