KUNJUNGAN UNIVERSITAS MERCU BUANA KE PPII DAN P2I LIPI

KUNJUNGAN UNIVERSITAS MERCU BUANA KE PPII DAN P2I LIPI

Mahasiswa/i Universitas Mercu Buana tengah mendengarkan penjelasan dari narasumber di ruang Aditorium (Foto DK)

Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Iptek bersama Pusat Penelitian Informatika Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (P2I-LIPI) menerima kunjungan mahasiswa Universitas Mercu Buana Bekasi di ruang Auditorium PPII LIPI Cibinong Bogor. Maksud kunjungan universitas dari jurusan Teknik Elektro ini adalah dalam rangka pelaksanaan matakuliah yang berkaitan dengan kemajuan teknologi komputer khususnya tentang Kecerdasan Buatan.

Observasi di ruang HPC (Foto DK)

Salah satu yang berkaitan dengan topik kecerdasan buatan, Intan Nuni Wahyuni M.Si. dari P2I menyampaikan materinya  berjudul Pelacakan Objek Dengan Open Computer Vision. Kemampuan komputer memang sangat luar biasa termasuk dalam hal deteksi objek. Dengan sistem open Computer Vision (CV) komputer mampu melacak objek dengan akurat, terutama benda-benda yang bergerak. Beliau memberikan contoh-contoh dalam bentuk video pada presentasinya. Terdapat pengecualian deteksi komputer, “pada pendeteksian manusia terutama bagian wajah atau manusia yang menggunakan pakaian seperti gamis agak sulit untuk dideteksi pergerakannya” ungkapnya.    

Penerimaan kunjungan pada Selasa 3/12/2019 ini selain tentang kecerdasan buatan tersebut di atas juga menghadirkan narasumber antara lain Dr. Zaenal Akbar M.Kom., Ph.D., yang mempresentasi tentang HPC LIPI FOR Bioinformatics,  Furqon Hensan Mutaqin S.Komp., berjudul Mahameru : Super Computing Sevice By LIPI : E-Layanan Sain (Elsa) dan Tutang M.M., dibantu Ario Tutuko Suwarno S.Kom yang menyajikan tentang Profil PPII.

Mahasiswa diberikan kesempatan apabila ada yang berminat untuk magang atau penelitian dalam rangka tugas akhirnya. Hal ini disampaikan oleh Zainal disela-sela penjelasannya seputar profil Pusat Penelitian Informatika. Penjelasan lainnya beliau melanjutkan  berkaitan dengan teknologi dan inovasi sistem komputer berkapasitas tinggi (HPC).

Di ruang Display Produk (Foto THP)

Setelah mendapatkan paparan dari narasumber, para mahasiswa melanjutkan observasi ke ruang Hight Perfomance Computing dan ruang display produk LIPI yang berada di lantai 1 PPII. Dalam observasi ini mahasiswa yang berjumlah 39 orang dibagi dua kelompok supaya tertib dalam ruangan yang diobservasi.

Antusiasme dari para mahasiswa terbukti dari banyaknya pertanyaan menyangkut peralatan laboratorium yang memakai komputer dan produk produk dari LIPI. Observasi di ruang HPC dipimpin oleh Zaenal untuk menjelaskan secara langsung tentang kemampuan dan pemanfaatan fasilitas teknologi dan inovasi komputer berkapasitas tinggi. Mereka sangat terkagum melihat fasilitas HPC yang sebelumnya belum pernah menyaksikannya. Setelah dari ruang HPC dilanjutkan ke observasi ke ruang Display Produk LIPI untuk observasi contoh-contoh produk yang dihasilkan oleh peneliti diantaranya produk berkaitan pengalengan makanan, kesehatah, pertanian, elektrik, energi dan lain lain (DK/ST)