Kunjungan Kerja Menristek ke kampus CSC LIPI

Kunjungan Kerja Menristek ke kampus CSC LIPI

Cibinong (7/11), Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro, PH.D melakukan kunjungan kerja ke Cibinong Science Center (CSC) salah satunya ke kampus Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) LIPI dan diterima oleh Kepala LIPI Dr. L.T Handoko, M.Sc, para Deputi dan kepala satuan kerja di lingkungan LIPI.

Plt. Deputi Ilmu Pengetahuan Hayati (Dr. Yan Rianto, M.Eng) LIPI menerangkan tentang Open Labs

Dalam kunjungannya Menristek didampingi oleh Dirjen Penguatan Inovasi Kemenristek Dr. Ir. Jumain Appe mendapat penjelasan tentang laboratorium yang berada di LIPI serta fungsi dari fasilitas yang ada di dalamnya yaitu Laboratorium Data Digital berupa High Perfomance Computing, Lab Bioproduk Terintegrasi, Bio Safety Level 3 serta terkait pemanfaatan dan dampak ekonominya. Selain itu pejabat yang baru dilantik beberapa hari yang lalu menjadi Plt. Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati Dr. Yan Rianto, M.Eng menerangkan dan menginformasikan capaian-capaian dari PPII kepada Menristek mengenai kegiatan Technology Transfer Office (TTO) yang sudah mengelola 946 paten dan 23 lisensi, Cibinong Science Tecnologi Park (C-STP) sudah memfasilitasi 24 perusahaan, gedung tenant, pilot plant, joint lab, co-working space dan dalam bidang inkubator teknologi sudah ada 11 tenant inwall dan 19 tenant inwall. PPII pun menjalin kerjasama dengan berbagai pihak mulai dari start up, universitas, BUMN, instansi pemerintah dan perusahaan swasta yang berasal dari berbagai bidang dari dalam dan luar negeri diantaranya yaitu kerja sama penguatan kelembagaan, kerja sama peningkatan budaya inovasi dan kerja sama fasilitasi industri.

Salah satu perusahaan swasta yang bekerja sama dengan LIPI yaitu PharmaMar berkesempatan berinteraksi dan berdialog langsung dengan Menristek tentang produknya yaitu perusahaan biofarmasi terkemuka di dunia dalam penemuan dan pengembangan obat anti kanker yang berasal dari laut. Perusahaan ini memiliki berbagai kandidat obat dan program R&D onkologi yang kuat. Hal ini dapat dikolaborasikan dengan lembaga penelitian seperti LIPI untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan penanggulangan penyakit obat anti kanker. “Awareness perusahaan terhadap research & development itu sangat penting ”ungkap Bambang dalam peninjauan capaian LIPI.

Berbagai produk start up binaan PPII pun ditampilkan dalam kunjungan kerja ini, mereka antusias bisa menceritakan produknya kepada Menristek dan bisa bekerja sama dengan PPII LIPI untuk meningkatkan kualitas dan pengembangan produk-produknya.

Selanjutnya Menristek bersama Kepala LIPI dan jajarannya visitasi ke kawasan Cibinong Science Center (CSC) yaitu BSL-3, Museum Zoologi dan Indonesian Culture Collection (INACC) Pusat Penelitian Biologi untuk melihat koleksi berbagai spesies dan spesimen yang tertata rapih dan didesain khusus di dalam ruangan tertutup dengan pengamanan anti gempa dan anti rayap. Rangkaian kunjungan kerja ini diakhiri dengan diskusi dan penyerahan koleksi buku-buku Biologi salah satunya bertajuk Kekinian Keanekaragaman Hayati Indonesia di INACC. “Saya akan kembangkan kawasan CSC dan kawasan Serpong menjadi lebih besar” pungkasnya. (YL/DK)