KUNJUNGAN DAN DISKUSI DISLITBANG MABES TNI AD DENGAN PPII LIPI TENTANG PERLINDUNGAN KEKAYAAN INTELEKTUAL

KUNJUNGAN DAN DISKUSI DISLITBANG MABES TNI AD DENGAN PPII LIPI TENTANG PERLINDUNGAN KEKAYAAN INTELEKTUAL

Cibinong, 07 November 2019. Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat disingkat Dislitbangad adalah suatu Badan Pelaksana Pusat di tingkat Mabesad yang berkedudukan langsung di bawah Kasad dan mempunyai tugas pokok membina dan menyelenggarakan fungsi penelitian dan pengembangan angkatan darat dalam rangka mendukung tugas pokok angkatan darat. Untuk melaksanakan tugas pokok tersebut, salah satu fungsi dari Dislitbangad adalah menyelenggarakan pengkajian,  penelitian, penerapan ilmu pengetahuan, dan teknologi. Dislitbangad menyelenggarakan kegiatan yang berkenaan dengan pengkajian, penelitian, studi riset, presentasi, demontrasi, penyebarluasan, serta penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam rangka mendukung peningkatan kualitas dan kesiapan materiil satuan-satuan angkatan darat.

Terkait hal tersebut Dislitbangad bermaksud melaksanakan agenda kerja kegiatan anjangsana/kunjungan dan diskusi dengan Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK LIPI (PPII-LIPI) dalam rangka ketertarikan Dislitbangad untuk mendaftarkan perlindungan kekayaan intelektual (KI), baik paten maupun KI lainnya yang dimiliki oleh Dislatbangad. Dalam kunjungan dan diskusi tersebut, rombongan yang terdiri dari Kabagter Setdislitbangad Letkol Inf. Suratmoko selaku pimpinan rombongan, Kasibinter Bagter Setdislitbangad Mayor Arm. Joko Prayitno, Kauropslat Bagtuud Setdislitbangad Kapten Inf. Sanubi, Paurminpam Bagpam Setdislitbangad Letda Kav. Onny Setyo, dan Junita Pasaribu disambut oleh Kepala Bidang Manajemen Kekayaan Intektual PPII-LIPI Harini Yaniar S.Si., M.Kom.

Pada sambutannya Harini Yaniar menyampaikan paparan singkat tentang profil, layanan, fasilitas, serta memberikan penjelasan dan gambaran PPII-LIPI dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Berkaitan dengan hal tersebut PPII-LIPI yang salah satu tugas dan fungsinya adalah melakukan perlindungan KI menyampaikan presentasi mengenai patentability melalui Prio Adi Ramadhani, dalam presentasinya menjelaskan  tentang proses perlindungan paten yang akan didaftarkan di Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI).

Setelah penyampaian presentasi dilanjutkan dengan diskusi atau sharing knowlage terkait perlindungan KI dari kedua belah pihak. Kemudian tamu rombongan melanjutkan survey ke ruang display untuk melihat hasil inovasi teknologi LIPI dan ke gedung pilot plan untuk melihat sarana dan peralatan yang dimiliki PPII-LIPI. (THP).