MONSTER LUMPIA DAN VEGRO WE GROW SABET JUARA I LOMBA IDE BISNIS LIPI

MONSTER LUMPIA DAN VEGRO WE GROW SABET JUARA I LOMBA IDE BISNIS LIPI

Revolusi industri 4.0 merupakan tantangan yang harus kita persiapkan dengan matang, misalnya melalui program pengembangan industri kecil menengah (IKM) berbasis digital. Saat ini rasio wirausahawan di dalam negeri masih sekitar 3,1% dari total populasi penduduk atau sekitar 8,06 juta orang. Berdasarkan data tersebut dapat dilihat wirausaha yang ada di Indonesia masih minim dan angka tersebut sangat jauh dengan total jumlah penduduk yang ada terkait dengan kebutuhan lahan pekerjaan. Karena itu jiwa dan semangat kewirausahaan penting ditumbuhkan sedini mungkin. Melihat arti penting pengembangan jiwa kewirausahaan ini, maka Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Iptek (PPII) menyelenggarakan kompetisi/lomba kewirausahaan untuk membangun jiwa kewirausahaan bagi pelajar, mahasiswa, serta masyarakat umum. Lomba membangun ide bisnis di era revolusi industri 4.0 yang diadakan oleh Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Iptek, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPII-LIPI) merupakan bentuk kegiatan sebagai wujud sumbangan Iptek bagi perekonomian nasional.

Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPII LIPI) berhasil mengumpulkan 144 ide bisnis yang masuk dalam Lomba Ide Bisnis bertema “ Teknologi dan Inovasi” PPII LIPI. Kriteria penilaiannya sendiri terdiri dari dua tahapan, aspek yang dinilai tahap pertama adalah sistematika penulisan, relevansi judul dengan isi, orisinalitas, inovatif dan kreatif, dan kelayakan implementasi di lapangan. Peserta yang lolos seleksi pada tahap pertama diwajibkan untuk mengikuti seleksi tahap kedua dengan mempresentasikan proposalnya dengan aspek yang dinilai meliputi penguasaan materi, kesesuaian materi, proses penyampaian materi dan kemampuan berinteraksi dengan audiens.

Pendaftaran lomba dilakukan secara online mulai tanggal 23 Juli dan berakhir pada 30 September 2019 dan pada tanggal 15 Oktober 2019 peserta yang berhasil memasuki tahap final diumumkan melalui media sosial, email, dan website PPII dan diharuskan untuk mempresentasikanide bisnisnya pada Jum’at, 25 Oktober 2019 di Mini Stage Indonesia Science Expo 2019, ICE BSD, Tangerang.

Setelah berdiskusi dan menilai berdasarkan sejumlah indikator, termasuk mengaitkannya dengan kesesuaian tema, tim juri yang terdiri dari tiga orang, yakni Raihan Al Fauzan dari Tokopedia, Ilham Adi Prasetya dari Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) dan Muhammad Fadli Adinugroho dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) memutuskan dari kategori pelajar juara pertama Wahyu Setia Budi, M Mubayyinuddin Al A’aqil, Rizka Maulida Septianadari MAN I Lamongan dengan judul ide bisnis Monster Lumpia : Inovasi  olahan lumpia dari ikan lele sebagai kearifan lokal daerah menjadi oleh-oleh modern khas Lamongan berbasis sociopreneur, Novrizal Triananda dan Syafei Akbar Fatahudin dari SMAN 8 Yogyakarta judul ide bisnis BOWTUKKU (Rainbow getuk kesukaanku) : Inovasi getuk sayur dan buah pelangi sebagai pelengkap nutrisi gizi anak-anak dan masyarakat sebagai juara dua dan Teresa Eleonora Liem dan Jocelyn Alevia Wijaya dari SMA Budi Utomo Yogyakarta mengajukan judul ide bisnis MOCIDAI (Monopoli Cintai Budaya Indonesia) : Belajar, bermain, berbudaya.

Untuk kategori mahasiswajuara pertama diraih oleh Rama Satyo dari Institut Bio Scientia Internasional Indonesia Jakarta dengan judul ide bisnis Vegro We Grow, Belinda Azzahra dari Universitas Indonesia menduduiki posisi kedua dengan judul ide bisnis Teman Tani : Solusi inklusif layanan asuransi mikro terintegrasi sektor pertanian sedangkan juara ketiga Mokhamad Rusydan Irtasyah dari Universitas Indonesia dengan judul Treeves: Platform investasi pohon buah berbasis syariah.

Masing-masing pemenang berhak atas hadiah uang tunai; Rp 7.500.000 untuk juara pertama, juara kedua Rp 5.000.000 dan juara ketiga Rp 2.500.000. Selain uang tunai pemenang juga mendapatkan sertifikat, trofi, dan menjadi tenant Inkubator Bisnis Teknologi (IBT) LIPI.

Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPII LIPI)  mengucapkan selamat kepada pemenang lomba dan terima kasih kepada para peserta sudah bersedia meluangkan waktu untuk mengikuti lomba ide bisnis ini. (esw)