LIPI MENGGELAR BUSINESS MATCHING DAN INDUSTRIAL GATHERING PADA INDONESIA SCIENCE EXPO 2019

LIPI MENGGELAR BUSINESS MATCHING DAN INDUSTRIAL GATHERING PADA INDONESIA SCIENCE EXPO 2019

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) melalui Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Iptek (PPII) bekerja sama dengan Riset Pro Kementerian Ristekdikti dan China-Asean Technology Transfer Center (CATTC) menyelenggarakan kegiatan “Business Matching dan Industrial Gathering, Rabu 23 Oktober 2019. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian dari pagelaran Indonesia Science Expo yang akan berlangsung mulai 23 hingga 26 Oktober 2019 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang Banten.

Kegiatan dihadiri dan dibuka langsung oleh Kepala Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Iptek LIPI Dr. Yan Rianto M.Eng., mewakili Direktur Kawasan Sains dan Teknologi dan Lembaga Penunjang lainnya, Kementerian Ristekdikti, Deputy Director General, Departement of Science and Technology of Guangxi Zhuang Autonomous Region China, dan para deputi terkait di lingkungan LIPI.

Penyelenggaraan ini merupakan salah satu kegiatan hilirisasi untuk mengekspose produk/teknologi supaya dapat dimanfaatkan oleh pelaku bisnis (investor, pemerintah daerah, perusahaan dan industri) yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Selain itu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pun dapat memanfaatkan teknologi yang ditampilkan sehingga memberikan dampak pertumbuhan ekonomi.

Dalam sambutannya Yan Rianto mengatakan bahwa event ini diikuti kurang lebih 180 peserta, terdiri dari 44 delegasi dari China, 61 partisipan perwakilan pemerintah dari lembaga riset pemerintah, perusahaan dan industri, dan juga 11 Science Technopark dari seluruh Indonesia.

“Berharap event ini dapat memberikan manfaat yang sangat besar pada investor yang hadir. Hadir pula ditengah-tengah kita narasumber dari BKPM yang bisa menjelaskan lebih jauh tentang bagaimana mencari investor untuk menumbuhkan bisnis yang sedang dibangun” tambahnya.

Kegiatan “Business Matching & Industrial Gathering 2019” ini merupakan pertemuan yang mengumpulkan inventor dan investor dalam upaya mengkomunikasikan dan menghantarkan inovasi hasil penelitian LIPI, CATTC, dan pihak bisnis/swasta kepada calon pengguna yaitu perusahaan/investor. LIPI sebagai vocal point Indonesia – CATTC melaksanakan kegiatan bersama Riset Pro Kementerian Ristekdikti dan CATTC yang melibatkan lembaga penelitian, pemerintah daerah dan industri.

Kegiatan “Business Matching dan Industrial Gathering 2019” yang bertempat di Venue Indonesia Convention Exhibition (ICE BSD) ini menampilkan 10 teknologi LIPI yang terdiri dari teknologi probiotik, beras monascus merah, teh hijau, cervix, kayu lengkung, biopellet, biopestisidas, pellet bioplastik, pengemas edible berbahan nata decoco, dan toilet pengompos tipe 15. Ditampilkan pula 5 teknologi dari China diantaranya high yield cultivation of eucalyptus plantation, intregrated application of modern marine ranching, sodium hypochlorite generator, huashu robot dan lain-lain. Selain itu juga ada 11 teknologi dari perusahaan start up Indonesia.

Beberapa inventor mempresentasikan teknologi inovasi dan menampilkan produk dan poster teknologi sehingga menjadi media promosi yang efektif karena dihadiri berbagai kalangan dan pelaku bisnis.

Dalam kesempatan ini, dilakukan pula on-site “one to one” matchmaking and matching trade talks, dimana perusahaan yang tertarik dengan suatu produk/teknologi dapat melakukan pendalaman materi bersama inventor yang memiliki produk inovasi tersebut. Setelah sesi ini dillakukan penandatangan MOU dan kerjasama lisensi oleh berbagai pihak. Hal ini merupakan pencapaian yang menjadi tujuan awal diselenggarakan business macthing ini dalam mengalihteknologikan produk inovasi.(DK)(SN)