PARTISIPASI PPII LIPI PADA PAMERAN NATIONAL EXPO FOR SCIENCE AND TECHNOLOGY 2019

PARTISIPASI PPII LIPI PADA PAMERAN NATIONAL EXPO FOR SCIENCE AND TECHNOLOGY 2019

Pameran Nasional Expo for Science and Technology (NEST) merupakan salah satu pagelaran rutin Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Pameran yang bertema “Riset dan Pengembangan Menuju National Brand” berlangsung 12-14 September 2019 bertempat di area Gedung Cendrawasih Hall 3 Jakarta Convention Center Senayan DKI Jakarta. Menristekdikti Mohamad Nasir mengunjungi pameran seusai acara penganugrahan Science and Technology Index Award (SINTA) di Gedung Cendrawasih Hall 1-2.

Dalam rangkaian kegiatan ini selain pameran dan penganugrahan kepada para peneliti dan akademisi antara lain yaitu Talkshow Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan bersama Bukalapak, Workshop Internationalization Programe of Indonesian Journals, Sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2019 tentang sistem nasional ilmu pengetahuan dan teknologi, demo produk dari PP-IPTEK dan hiburan.

Adapun peserta yang mengikuti pameran NEST terdiri dari instasi atau lembaga pemerintah dan swasta antara lain diantaranya Dirjen Risbang Kemenristek Dikti, Pemprov DKI Jakarta, PT RAI, Newton Fund, BPPT, PT DI, PT C-Tech Lab Edwar Teknologi, Kementrian PUPR, Dewan Riset Nasional, LL Dikti Wilayah 3, PPUSPITEK, LIPI, INNOPA, PUSDATIN, LAPAN, KEMHAN, BSN, BATAN, Kementrian Pertanian, PPIPTEK, Kementerian Perindustrian dan diikuti peserta dari universitas.

Pada pameran NEST Stand LIPI (C-22) menyajikan materi tentang hasil-hasil penelitian berupa produk dan publikasi. Materi produk dari Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Iptek berupa Teknologi kayu lengkung (sepeda kayu), vertikal garden, Pupuk Organik Hayati (POH), jamur protein tinggi, makanan kemasan kaleng, makanan kemasan probarz, dan produk makanan kemasan banana flakes, produk UMKM dan lain-lain. Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah mengisi materi tentang Klinik ISSN Online. Pusat Penelitian Teknologi Tepat Guna Subang tentang pangan fungsional berbahan baku lokal. Sedangkan untuk publikasi cetak dari Balai Media dan Reproduksi memamerkan buku-buku terbitan LIPI PRESS tentang pangan.

Pengunjung sangat antusias menghadiri pameran NEST, terlihat dari banyaknya jumlah pengunjung yang masuk ke ruangan hall 3 Cendrawasih. Pada hari pertama pengunjung pameran beragam yang datang ke stand LIPI terutama kalangan pelajar, mahasiswa, pegawai, peneliti, dan pengusaha. “Kami sangat senang dan termotivasi dengan banyaknya inovasi dan teknologi hasil penelitian yang dipamerkan di sini”, diungkap salah seorang pengunjung dari SMP 250 Jakarta setelah mengunjungi stand LIPI. Jadwal pameran menurut panitia,  hari pertama dimulai pukul 09.00 sampai dengan 17.00 WIB, hari kedua 10.00 – 15.30 dan hari terakhir jam 10.00 s/d 16.30 WIB. (DK)