PPII LIPI Berpartisipasi dalam Harteknas 2019

PPII LIPI Berpartisipasi dalam Harteknas 2019


Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Harteknas) yang ke-24 tahun ini digelar kembali oleh Kemeristek Dikti dengan mengusung tema “Iptek dan Inovasi dalam Industri Kreatif 4.0 untuk kemandirian dan daya saing bangsa” bertempat di Lapangan Puputan Bali. Beragam agenda kegiatan dilaksanakan dalam event bergengsi yang diselenggarakan setiap tahun ini. LIPI sebagai salah satu LPNK di bawah koordinasi Kemenristek Dikti ikut berpartisipasi dan mendukung Harteknas tahun ini dengan mengikuti Kegiatan pameran (Ritech Expo) dan temu Bisnis melalui Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII).

Kegiatan Temu Bisnis PPII dengan Amikom

Dalam Ritech Expo 2019 PPII LIPI menampilkan produk-produk yang berhubungan dengan industri kreatif 4.0 salah satunya yaitu Intip daqu sebuah aplikasi yang interkoneksi pengelolaan kekayaan intelektual lembaga, perguruan tinggi dan pemangku kepentingan lainnya untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan masuk ke dalam Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2018. Selain itu ada produk UMKM binaan PPII pun kami display di booth LIPI berdampingan dengan produk dan teknologi LIPI lainnya. Salah satu staf PPII Adi Ankafia, S.E standby di Booth LIPI untuk menjelaskan tentang aplikasi Intip Daqu.

Kegiatan temu bisnis merupakan salah satu media untuk memperkenalkan teknologi LIPI. Sebagian dari teknologi LIPI kami informasikan dalam kegiatan ini sesuai dengan potensi daerah dan tema dari Harteknas 2019. Teknologi-teknologi yang disuguhkan di Bali yaitu High Performance Computing (HPC) untuk industri animasi/digital, probiotik untuk pangan ternak dan perikanan, pupuk organik hayati dan metode pengemasan makanan lokal (pengalengan). Ada beberapa pihak yang tertarik dengan teknologi HPC LIPI yaitu dari Minikino organisasi festival film pendek dengan jaringan kerja internasional dan Amikom yang berinteraksi langsung dengan PPII dalam temu bisnis di Bali yaitu dengan Kepala PPII LIPI (Dr. Yan Rianto, M.Eng), Kepala Tata Usaha sekaligus Plt. Kabid Alih Teknologi dan Inovasi (Chichi Shintia Laksani, S.E, M.E), Kasubbagian Pemanfaatan Teknologi (Thresia Ningsi Astuti, S.E), Kasubbidang Pengelolaan Kawasan Sains dan Teknologi (Ana Harlina, S.H., M.M) dan Manager PPII Kawasan Bandung (Rika Wulandari, S.T). Mitra yang datang mendapatkan informasi lengkap tentang teknologi yang dimiliki LIPI.

Intip daqu dan HPC ditampilkan di Booth LIPI dalam Ritech Expo 2019

Ritech Expo 2019 ini diselenggarakan selama empat hari (25-28 Agustus 2019). Industri kreatif adalah salah satu fokus pengembang industri kita ke depan dan PPII berharap dengan mengikuti Harteknas 2019 ini dapat memperkenalkan lebih dekat teknologi-teknologi inovasi LIPI kepada semua pihak, baik perguruan tinggi, industri dan masyarakat umum sehingga keberadaan teknologi LIPI dapat dirasakan manfaatnya dan mendorong kreativitas masyarakat dalam meningkatkan daya saing bangsa. (YL)