Diklat 3D Animasi di PPII LIPI Secara Resmi Dibuka

Diklat 3D Animasi di PPII LIPI Secara Resmi Dibuka

Hari ini, Senin 19 Agustus 2019 telah dilakukan acara pembukaan kegiatan “Diklat 3D Animasi” di Auditorium PPII-LIPI. Kegiatan yang sudah disiapkan sejak 1 bulan terakhir ini merupakan realisasi kerja sama antara LIPI, Balai Diklat Industri (BDI) Kemenperin dan Lintas Imaji. Tujuan diadakannya Diklat 3D Animasi ini adalah untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusia dan pengembangan industri kreatif khususnya animasi, sehingga dapat menumbuhkan industri kreatif animasi serta memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Ketua BDI, Drs. Paryono MM, saat menyampaikan laporan panitia diklat menegaskan bahwa diharapkan dengan pelatihan ini setiap peserta bisa menghasilkan produk animasi, oleh karena itu diklat ini menggunakan metoda pembelajaran yang sebagian besar adalah praktek. “Hasil karya setiap peserta akan dipresentasikan, diuji dan pada akhirnya akan ada uji kompetensi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP)”, tambah Paryono.

Selaku penyedia fasilitas pelatihan, Kepala PPII LIPI, Dr. Yan Rianto dalam sambutannya berpesan agar peserta bisa belajar dengan sangat keras, sehingga nanti dapat terserap di industri animasi karena industri ini termasuk industri padat modal dan padat teknologi. Oleh karena itu, sumber daya yang masuk industri ini dituntut untuk menguasai teknologi terutama untuk teknologi-teknologi terbaru. Yan juga memberikan motivasi kepada para peserta bahwa untuk pekerjaan di bidang animasi ini terbuka luas baik lokal maupun global.

“Saat ini industri animasi menyumbang 2.95 triliyun rupiah dari PDB Indonesia dan mendongkrak hampir 3 juta tenaga kerja. Pelaksanakan Diklat ini merupakan bagian dari strategi pemerintah dalam perannya untuk mengangkat Indonesia dari middle income trap dengan menyelenggarakan pendidikan berbasis kompetensi 3-in-1, yaitu sertifikasi, pelatihan, dan penempatannya. ” Setia Diarta, perwakilan Kepala Pusat Diklat Industri Kemenperin menyampaikan dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan Diklat Animasi 3D ini.

Diklat ini berlangsung selama hampir 1 bulan ke depan, yang dimulai tanggal 19 Agustus sampai dengan 12 Semptember 2019 dan diikuti oleh peserta dari berbagai daerah dengan latar belakang pendidikan SMA/SMK dan perguruan tinggi. (S.N)