PPII LIPI MENGADAKAN PELATIHAN PENYUSUNAN PATEN TINGKAT DASAR BAGI PENELITI

PPII LIPI MENGADAKAN PELATIHAN PENYUSUNAN PATEN TINGKAT DASAR BAGI PENELITI

Salah satu wujud diseminasi pengetahuan dan upaya manifestasi layanan LIPI kepada masyarakat khususnya para peneliti adalah terselenggaranya pelatihan penyusunan paten. Paten merupakan salah satu aspek penting bagi inventor dalam melindungi hak kekayaan intelektual secara hukum. Paten juga dapat dikatakan sebagai  indikator kemajuan intelektual suatu bangsa, dengan demikian untuk meningkatkan daya saing tersebut LIPI menyelenggarakan pelatihan penyusunan paten.

Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Iptek Lembaga Ilmu Pengetahuan (PPII-LIPI) melalui bidang Manajemen Kekayaan Intelektual (MKI) telah menyelenggarakan pelatihan penyusunan paten tingkat dasar bagi para peneliti di lingkungan LIPI. Pada tanggal 30 -31 Juli 2019 yang lalu  telah dilakukan pelatihan di  Kawasan Bandung, sedangkan tanggal 6 -7 Agustus 2019 dilakukan  pelatihan di dua kawasan sekaligus Kawasan Serpong dan Kawasan Cibinong.

Kegiatan pelatihan  ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar tentang kekayaan intelektuaI (KI); memberikan pengetahuan penulisan dokumen paten sesuai standar; memberikan pengetahuan dasar tentang manajemen KI yang baik dan benar; memberikan pengetahuan dasar tentang valuasi KI; mengenalkan konsep valuasi paten dengan metode income based; dan memberikan pengetahuan tentang langkah-langkah strategis dalam mengeksploitasi KI.

Pelatihan di Kawasan Serpong dibuka oleh Kepala Bidang Manajemen Kekayaan Intelektual PPII Harini Yaniar S.Si., M.K., di Kawasan Cibinong dibuka oleh Irwan Budhi Iswanto S.T., MBA sedangkan Kepala Sub Bidang Valuasi Kekayaan Intelektual  Muhammad Zulhamdani M.T. membuka pelatihan untuk Kawasan Bandung.

Jumlah peserta pelatihan secara keseluruhan pada periode kedua tahun 2019 sebanyak 61 peneliti, meliputi 25 peneliti dari Kawasan Cibinong, 13 peneliti dari Kawasan  Serpong dan 23 peneliti untuk kawasan Bandung. Peserta pelatihan pada umumnya dari kalangan peneliti yang masih muda dari Pusat Penelitian Bioteknologi,  Pusat Penelitian Biomaterial, Pusat Penelitian Biologi, Pusat Penelitian Informatika, dan Pusat  Penelitian Oseanografi.

Materi yang disampaikan pada pelatihan di Kawasan Cibinong  antara lain Jenis-jenis Kekayaan Intelektual dan Pengembangan Inovasi Berorientasi Kekayaan Intelektual, Patentabilitas dan Identifikasi Invensi, Penelusuran Informasi Paten, Review Pelatihan Paten Tingkat Dasar, Format Dokumen Paten, Teknik Penelusuran Paten dan Teknik Penulisan Dokumen Paten.

Harapannya bahwa dengan adanya pelatihan ini akan meningkatkan penguasaan cara penyusunan paten bagi peneliti LIPI baik kuantitas maupun kualitasnya, meningkatkan pengetahuan dan wawasan berkaitan dengan kekayaan intektual. Pelatihan terselenggara dan dapat diterima dengan baik oleh peserta pelatihan dan tidak ada kesulitan seperti yang diungkapkan oleh Fajar salah satu peneliti pemula dari Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat dan dapat diserap materinya  dengan tidak mengalami kesulitan. (DK/Esti)