MINAT UMKM UNTUK MEMANFAATKAN TEKNOLOGI LIPI CUKUP TINGGI

MINAT UMKM UNTUK MEMANFAATKAN TEKNOLOGI LIPI CUKUP TINGGI

Para penggiat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dibawah binaan Foodpreneur Indonesia Maju memiliki minat yang tinggi untuk memanfaatkan teknologi LIPI. UMKM tersebut mengadakan seminar dan study tour ke Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPII-LIPI) pada hari ini, kamis (1/8). Seminar ini mengambil topik “Teknologi Jaman Now: Industri Makanan dan Minuman” dan ikuti oleh kurang lebih 30 UMKM sekitar Jabodetabek. Para penggiat UMKM ini disamping melakukan seminar juga melakukan kunjungan ke gedung workshop dan gedung pilotplant CSTP LIPI untuk melihat fasilitas peralatan LIPI.

PPII LIPI telah menyediakan beberapa peralatan yang merupakan teknologi terkini dalam bidang industri makanan dan minuman. Peralatan tersebut diharapkan dapat membantu UMKM dalam pengembangan produk mereka. “Mulai tahun ini, program kami Cibinong Science Technology Park menfasilitasi pemanfaatan teknologi yang dimiliki LIPI bagi UMKM dan perusahaan pemula (start-up). Melalui kegiatan ini, para UMKM dan start-up dapat memanfaatkan peralatan tersebut untuk meningkatkan kualitas produk makanan dan minuman, sehingga dapat lebih menarik dari segi kemasan dan memiliki nilai jual yang lebih tinggi.” Ujar Kepala Sub Bidang Pemanfaatan Teknologi, Th.Ningsi Astuti pada saat membuka acara seminar ini.

Lebih lanjut Ningsi mengatakan LIPI menyadari bahwa UMKM merupakan salah satu pendorong perekonomi bangsa. Oleh sebab itu, LIPI memasukan pembinaan UMKM dalam program LIPI. Harapannya depan, para penggiat bisnis UMKM ini mau berkolaborasi dan bersinergi dengan LIPI. “Kami akan memberikan kemudahan bagi UMKM dalam pemanfaatan teknologi LIPI” ujar Ningsi.(put)