PPII LIPI Membuka Peluang Kerjasama dengan PT Semen Padang dalam Perlindungan Kekayaan Intelektual

PPII LIPI Membuka Peluang Kerjasama dengan PT Semen Padang dalam Perlindungan Kekayaan Intelektual

Untuk menjadi perusahaan yang terus maju dan berkembang, PT Semen Padang selalu berupaya untuk menghasilkan produk berkualitas sehingga mampu bersaing baik dengan produk semen dalam negeri maupun luar negeri. Salah satu upayanya yaitu mendorong karyawan perusahaan untuk menciptakan inovasi dengan diadakannya ajang inovasi setiap tahunnya.

Melihat antusiasme karyawan yang cukup besar dalam menciptakan inovasi yang diimplementasikan di berbagai divisi, perusahaan menyadari pentingnya perlindungan kekayaan intelektual yang tercipta. Pada hari Senin (29/07/2019), manajemen perusahaan PT Semen Padang mengunjungi PPII LIPI dalam rangka konsultasi dengan bidang Manajemen Kekayaan Intektual (MKI) PPII LIPI. “Mengingat banyaknya karya inovasi karyawan perusahaan, kami menginginkan untuk mendapatkan bimbingan teknis terkait pendaftaran paten”, ungkap Fery Sarvino, perwakilan manajemen PT Semen Padang.

Menanggapi hal tersebut, Harini Yaniar, Kepala Bidang MKI PPII LIPI yang menerima kunjungan menyampaikan bahwa PPII dapat memberi dukungan dengan memberi pelatihan dasar kekayaan intelektual dan juga melakukan pendampingan pendaftaran baik paten, hak cipta maupun produk kekayaan intelektual lainnya yang dimiliki oleh PT Semen Padang. Tentu hal ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang menjadi prioritas perusahaan.

Melihat banyaknya potensi yang cukup layak paten di internal perusahaan, maka tim MKI menyarankan diadakannya sosialisasi di kalangan karyawan agar dibekali pengetahuan terkait kekayaan intelektual, sehingga jika ada temuan/terobosan meskipun dalam bentuk sederhana ternyata bisa dipatenkan.  “Biasanya temuan/terobosan yang diciptakan berawal dari permasalahan yang ditemui di perusahaan, jadi ada kemungkinan temuan/terobosan tersebut bersifat unik sehingga sangat mungkin untuk didaftarkan sebagai paten”, Irwan dari tim MKI menambahkan.  

Sebagai tindak lanjut, PT Semen Padang akan menjalin kerjasama dengan PPII LIPI dengan mengadakan pelatihan kekayaan intelektual bagi karyawan yang menciptakan produk inovasi. Diharapkan dengan ini kekayaan intelektual di lingkungan PT Semen Padang terdaftar sebagai produk yang dilindungi secara hukum.