Kunjungan Pemkot Sukabumi ke PPII LIPI

Kunjungan Pemkot Sukabumi ke PPII LIPI

Paparan tentang Profil PPII LIPI (Harini Yaniar, S.Si.,M.Kom)

Rabu (10/7) Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pemerintah Kota Sukabumi berkunjung ke Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) LIPI dalam rangka pelaksanaan kegiatan Hak Kekayaan Intelektual (HKI) Kota Sukabumi. Manajemen PPII LIPI menerima kunjungan Pemkot Sukabumi dan disambut oleh Plt. Kepala Bidang Inkubasi Teknologi Bukky Suwarno, M.BA, Plt. Kepala Bidang Fasilitasi Kekayaan Intelektual Harini Yaniar, S.Si.,M.Kom, Kepala Subbidang Pemanfaatan Teknologi, Theresia. Ningsi Astuti, S.E beserta jajaran staf PPII.

Pada awal pertemuan Kepala Subbidang Fasilitasi Kekayaan Intelektual PPII (Harini Yaniar) menyampaikan paparan tentang profil, layanan serta fasilitas yang ada di PPII. Memberikan penjelasan dan gambaran PPII dalam menjalankan tugas dan fungsinya. “IP Port/Intipdaqu sebagai salah satu layanan KI yang bisa diakses masyarakat umum dalam bentuk modul pelatihan dan IP Learning dan menjadi layanan KI yang masuk Top 99 inovasi layanan publik di Indonesia, apabila Pemkot Sukabumi membutuhkan aplikasi ini dapat bekerjasama dengan kami” ungkap Harini di akhir paparannya.

Pemkot Sukabumi dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Penelitian dan evaluasi pembangunan Dr. Eneng Rahmi, S.Si.,M.Si menjelaskan kondisi saat ini di Pemkot Sukabumi Kekayaan Intelektualnya tidak hanya dihasilkan oleh peneliti saja tetapi masyarakat pun difasilitasi pendaftaraannya oleh pemerintah daerah. Berbeda dengan LIPI yang hanya menganggarkan khusus untuk peneliti LIPI saja, sedangkan untuk mitra anggaran dari pihak mitra sendiri.

Pemkot Sukabumi berharap dapat mengembangkan kegiatan penelitiannya di daerah dengan berkolaborasi dengan LIPI yaitu membuat sentral HKI di Pemkot Sukabumi. Masyarakat Kota Sukabumi yang berpotensi dengan usaha dan temuannya yang menarik dapat dipatenkan sehingga menjadi kebanggaan masyarakat dan terlebih dapat dikomersilkan dan menghasilkan pendapatan bagi masyarakat maupun pemerintah daerah setempat. Terkait potensi KI di Pemkot Sukabumi, Manajemen PPII memberikan masukan kepada pihak Pemkot Sukabumi untuk menyelenggarakan lomba inovasi daerah untuk mendapatkan dan menjaring inovasi yang ada di Pemkot Sukabumi dan mempermudah mengidentifikasinya.

Potensi lainnya di PPII yaitu dalam bidang inkubasi teknologi. Pada kesempatan yang sama Kepala Bidang Inkubasi Teknologi berbagi pengalaman dan kondisi kegiatan inkubasi yang telah dan sedang dijalankan di PPII. “UKM daerah kami ajak pelatihan bersama terkait dengan merk dengan fasilitas narasumber dan ruangan dari LIPI. Kami memiliki alat pengering makanan, alat pengubah minuman menjadi serbuk dll yang dapat dimanfaatkan oleh UKM, start up dan pengusaha baru berbasis teknologi. Kami juga ada tenant untuk animasi, pengerjaan proyek animasi yang dikerjakan animator Indonesia. Kami dapat bekerja sama terkait ini dengan Pemkot Sukabumi” ungkap Bukky.

Pemkot Sukabumi berharap dapat bekerja sama dan berkolaborasi dengan baik, tidak hanya dengan PPII tetapi dengan satuan kerja lainnya di LIPI untuk meningkatkan dan mengembangkan potensi Pemkot Sukabumi dan melaksanakan tugas dan fungsi LIPI bagi masyarakat. (yett)