PENTINGNYA DESAIN KEMASAN BAGI UMKM

PENTINGNYA DESAIN KEMASAN BAGI UMKM

Kemasan produk akan mempengaruhi psikologi konsumen agar membeli produk. Penggiat UMKM harus menyadari pentingnya desain kemasan produknya. UMKM harus mengikuti tren pasar, bahkan kalo bisa menciptakan tren sehingga produknya laku dipasaran. Dalam rangka meningkatkan kemampuan UMKM, Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK menyelenggarakan Workshop Desain Kemasan Kreatif bagi UMKM sekitaran Bogor hari ini Selasa (18/06).

Workshop ini menghadirkan narasumber Praktisi bidang Desain Produk, Sugeng Untung. Sugeng menjelaskan kemasan menjadi “silent salesman” dari suatu produk. Kadang keberhasilan suatu produk akan tergantung pada kemasannya. “Tapi tentunya kemasan yang bagus harus didukung oleh kualitas produk yang baik” ujar Sugeng.

Desain kemasan merupakan suatu proses, banyak hal yang harus menjadi perhatian dalam pembuatan desain kemasan ini seperti warna, ukuran kemasan, kemasan yang sesuai dengan produk dan inovatif, kemasan yang menunjukan identitas dan penciptaan brand. Meskipun produksi UMKM skalanya belum besar namun untuk mendapatkan perhatian dari konsumen, tentunya desain kemasan menjadi salah satu strategi dalam penjualan.

Penggiat UMKM yang hadir dalam workshop ini antusias ketika sesi review terhadap kemasan UMKM yang menjadi perserta. Pada sesi ini, narasumber memberikan masukan atas desain kemasan UMKM seperti label kemasan yang harus mengikuti bentuk kemasan, membuat inovasi dalam kemasan dan mengutamakan kemasan lokal yang menunjukan identitas daerah. Diharapkan setelah workshop ini para penggiat UMKM bisa menerapkan ilmu yang diperoleh terkait desain kemasan. (put)