KOLABORASI LIPI DAN INDOHCF DALAM PENGHARGAAN INDOHCF INNOVATION AWARDS 2019

KOLABORASI LIPI DAN INDOHCF DALAM PENGHARGAAN INDOHCF INNOVATION AWARDS 2019

Pusat Pemanfaatan dan Inovasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPII-LIPI) menjalin kerja sama dengan Indonesia Health Care Forum dalam penghargaan IndoHCF Innovation Awards 2019 yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian kerjasama antara PPII dengan IndoHCF pada hari ini, Jumat, 14 Juni 2019. Hadir dalam penandatangan ini Ketua Umum Indonesia Healthcare Forum, DR. dr. Supriyantoro, Sp.P, MARS, dan dari pihak PPII LIPI, Harini Yaniar, S.Si, M.Kom, Pelaksana Tugas Kepala Bidang Manajemen Kekayaan Intelektual beserta jajaran. 

Saat ini, penghargaan IndoHCF Innovation Awards 2019 telah memasuki tahap pendaftaran yang bisa diakses secara online melalui https://www.indohcf-award.com/. Setelah melalui seleksi serta penjurian, pemenang akan diumumkan bertepatan dengan Hari Kesehatan Nasional. IndoHCF Innovation Awards merupakan program penghargaan kepada instansi dan individu/kelompok perorangan yang telah berhasil menjalankan program-program peningkatan pelayanan kesehatan. Program penghargaan ini dilaksanakan dengan harapan dapat memacu perkembangan pengembangan positif dalam inovasi dan teknologi di bidang kesehatan yang berkelanjutan guna meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Adapun keterlibatan LIPI dalam penghargaan ini yaitu dalam proses penjurian khususnya terkait dengan inovasi dibidang alat kesehatan dan Inovasi ICT Bidang Kesehatan. Disamping itu, IndoHCF mengharapkan adanya kolaborasi dengan LIPI dalam pendampingan pengembangan produk hasil inovasi melalui penghargaan ini. “Produk inovasi yang menang dalam penghargaan ini diharapkan keberlanjutannya. Jadi jangan berhenti hanya sampai pemenang. Tapi bagaimana produk ini kemudian bisa dijembatani dengan industri yang mampu memproduksi secara massal. Disinilah peran LIPI kami harapkan” ujar Supriyantoro.

Lebih lanjut Supriyantoro mengatakan penghargaan ini sudah memasuki tahun ketiga. LIPI bisa melakukan seleksi diantara pemenang tahun-tahun sebelumnya agar dapat dibantu dan didampingi dalam pengembangan produksi. “Jangan sampai produk inovasi tersebut malah diambil oleh industri luar negeri dan menjadi produk luar negeri” tegas Supriyantoro. 

Kedepan, PPII-LIPI bersama-sama IndoHCF akan mempersiapkan teknis pelaksanaan perjanjian kerja sama ini agar bisa dengan segera direalisasikan. Melalui kerja sama ini pun para pihak berharap bisa membangun sinergi dan kemitraan dalam rangka meningkatkan inovasi penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan melalui kegiatan penghargaan hasil penelitian dan pengembangan di bidang kesehatan. (put)