LIPI SIAP BANGUN GEDUNG FASILITAS CSTP TAHUN INI

LIPI SIAP BANGUN GEDUNG FASILITAS CSTP TAHUN INI

Tahun 2019 ini, Pusat Pemanfaatan Inovasi IPTEK LIPI (PPII-LIPI) akan membangun 4 (empat) gedung baru sebagai fasilitas Cibinong Science Technology Park (CSTP) yaitu Gedung ResidensialTechnopreneurship (Asrama), Gedung Pembelajaran, Gedung Pilot Plant dan Gedung Tenant. Pembangunan gedung dilakukan secara pararel di dua lokasi sekitar area Cibinong Science Center-Botanical Garden (CSC-BG). Pembangunan dimulai pertengahan bulan ini dan direncanakan selesai pada akhir tahun 2019.

Pembangunan fasilitas baru CSTP merupakan upaya LIPI untuk turut serta dalam meningkatkan perekonomian khususnya penciptaan perusahaan rintisan (startup) yang berbasis teknologi, pembinaan technopreneur dan diharapkan pula dapat mendukung proses alih teknologi LIPI ke industri. Pembangunan keempat gedung ini didanai dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) dari Kementerian Keuangan sehingga pekerjaan pembangunan mengacu pada Perpres tentang Pengadaan, Permen PUPR tentang Pengelolaan Pembangunan Negara dan PMK no 25 tentang tata cara pelaksanaan pembayaran melalui SBSN.

Setelah dilakukan proses pelelangan secara terbuka, proyek pembangunan gedung akan dilaksanakan oleh kontraktor PT. Rianida Ciptaartha-Hagita (KSO). Pada hari ini Jumat, 17 Mei 2019 telah dilaksanakan Pre-Construction Meeting Pembangunan Gedung Infrastruktur CSTP yang dihadiri oleh Plt Kepala PPII beserta jajaran struktural, Kepala Biro Umum LIPI, Plt. Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan Peneliti LIPI, Direktur PT. Rianida Cipta Artha-Hagita (KSO), tim teknis Dinas Pekerjaan Umum Jawa Barat dan perwakilan satuan kerja di kawasan LIPI Cibinong.

Dalam pertemuan ini perusahaan kontraktor memaparkan rencana teknis pekerjaan untuk keempat gedung dan hal-hal apa saja yang telah dipersiapkan untuk pelaksanaan pekerjaan kontruksi gedung. Sementara Plt Kepala PPII LIPI, Yan Rianto menegaskan kontraktor wajib melakukan pekerjaan ini dengan sebaik-baiknya dan sesuai dengan kuantitas yang telah ditentukan. “Saya akan pantau setiap hari progress pekerjaan ini” tegas Yan.

Sementara itu Kepala Biro Umum LIPI, Amas mengatakan bahwa dalam proses pembangunan ini, kontraktor diharapkan mengutamakan keselamatan, menjaga keamanan, penentuan jalur transportasi material dan alat berat, dan penggunaan tenaga lingkungan sebagai bentuk tanggung jawab sosial. Tentunya hal-hal itu harus dikolaborasikan dengan Tim LIPI Kawasan Cibinong. “Kualitas pekerjaan tidak boleh ada pengurangan, minimal sesuai standar. Jika ada pengurangan akan ada peringatan. Malah kalau memungkinkan ada peningkatan kualitas, mengingat gedung ini sudah dirancang untuk penggunaan selama 50 tahun. Jangan sampai dalam masa pemeliharaan terjadi kerusakan” tegas Amas.

Dalam pelaksanaan pekerjaan ini, pihak LIPI telah membentuk struktur organisasi pembangunan. Hal ini disampaikan dalam pemaparan Kepala Sub Administrasi PPII, Ishak Siregar, MT. Menurut Ishak dalam struktur ini terdapat Tim Pengawas internal yang akan melakukan tiga macam evaluasi yaitu evaluasi mutu, evaluasi waktu dan evaluasi biaya. Secara teknis, evaluasi tersebut dilakukan dengan rutin baik di lapangan maupun dengan pembahasan dalam rapat review. Diharapkan dengan evaluasi tersebut dapat meminimalisir berbagai permasalahan, sehingga pelaksanaan pembangunan dapat berjalan lancar dan sesuai dengan perencanaan. (PUT/SN)