PPII IKUT SERTA DALAM PAGELARAN “INDONESIA SCIENCE DAY” DI PP IPTEK TMII

PPII IKUT SERTA DALAM PAGELARAN “INDONESIA SCIENCE DAY” DI PP IPTEK TMII

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menggelar pameran bertajuk “Indonesia Science Day” (ISD) 25-28 April 2019 bertempat di Gedung Pusat Peragaan Ilmu dan Teknologi (PP IPTEK) yang menampilkan berbagai pameran inovasi dan pendidikan dari instansi pemerintah baik kementrian dan non kementrian, perguruan tinggi dan sekolah. Tema pameran ISD yang kedua ini mengusung tema “Mendorong terciptanya sember daya IPTEK memasuki era industri 4.0”. Kegiatan ini diikuti oleh 76 instansi yang terdiri dari 18 instansi Kementrian dan LPNK serta komunitas, 52 Perguruan Tinggi dan 6 Sekolah. LIPI salah satu di dalamnya Pusat Pemanfaatan dan Inovasi IPTEK (PPII) LIPI berperan serta dalam pameran ISD ini dengan membuka stand yang berlokasi di lantai 3 Gedung PP IPTEK Taman Mini Indosia Indah (TMII).

Salah satu tujuan diselenggrakan ISD adalah memperkenalkan hasil karya anak bangsa kepada masyarakat demi meningkatkan pentingnya ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kehidupan. Pada waktu yang sama Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kemenristekdikti Jumain Appe mewakili Menristekdikti bersama Deputi Gubernur Bidang Industri Perdagangan dan Transportasi Soetanto Soehodho membuka acara dan meresmikan dua wahana baru yaitu Wahana Inovasi Indonesia dan Wahana Digital Indonesia.

            Peserta dari instansi diantaranya dari Kemenristek Dikti, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Tenga Nuklir Nasional (PATAN), Badan Standarisasi Nasional (BSN), Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN), Lembaga Biologi Molekuler EIJKMAN, Badan Informasi Geospasial (BIG), Badan Narkotika Nasional (BNN), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Balitbang Kementrian Pertahanan, Dislitbang TNI AD, Dislitbang TNI AL, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) dan lainnya.

Stand LIPI menyajikan informasi Empat Tahun Kerja 2015-2018 LIPI seperti capaian kekayaan intelektual seperti paten, hak cipta, temuan jenis baru dan publikasi Ilmiah, kerjasama, rencana pembangunan Kebun Raya Indonesia hingga 2030, Peringkat LIPI, Pembinaan ilmiah LIPI, Sarana Prasarana dan lainnya. Materi dan bahan dari PPII LIPI untuk mengisi salah satu sudut stand pameran LIPI terdiri dari : High Perfomance Computing LIPI, informasi tentang layanan HPC LIPI berbentuk Banner yang menginformasikan tentang layanan Sains Komputasional, Big Data Analytics and Machine Learning dan Render Farm;  Banner yang menampilkan peralatan Spray Dryer dan Freeze Dryer untuk membuat makanan dan buah-buahan tahan lama tanpa bahan pengawet; Sepeda kayu, Vertical Garden, Pupuk Organik Hayati, Tepung Mokaf, contoh produk UMKM yang terdiri dari pembuatan sabun dengan teknologi nano, makanan dengan kemasan kaleng seperti gudeg, rendang, baso ikan, sambal pecel, lombok ijo dan batak saos. Produk lainnya adalah cuka, kecap, abon cabe, banana flakes, probar dan kemasan produk coklat yang dikemas kekinian. Selain itu dari PPII menyebarkan informasi berupa brosur yang berkaitan dengan produk. Semoga dengan berpartisipasi dalam pameran ini LIPI dan produk PPII LIPI dapat lebih dikenal dan bermanfaat bagi masyarakat baik. (DK)