Partisipasi LIPI di Ajang Indonesia Science Day

Partisipasi LIPI di Ajang Indonesia Science Day

Jakarta, Humas LIPI. Dalam rangka pengenalan produk-produk inovasi hasil penelitiannya kepada publik, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) turut serta memamerkan hasil-hasil penelitian kepada masyarakat pada ajang Indonesia Science Day (ISD) 2019 yang digelar oleh Pusat Peragaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP-IPTEK), di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta pada Kamis hingga Minggu (25-28/4).

Dalam pameran bertajuk ‘Mendorong Terciptanya Sumber Daya Iptek Memasuki Era Industri 4.0’ tersebut, LIPI memamerkan hasil-hasil riset unggulan seperti teknologi pelengkungan kayu yang merupakan hasil dari penelitian di Pusat Penelitian Biomaterial. Dengan teknik pelengkungan kayu, material kayu yang perlu dipotong untuk pembuatan furniture cukup dilengkungkan melalui teknik tertentu. Penggunaan kayu menjadi lebih hemat sehingga dapat mengurangi penebangan pohon.

Selain menampilkan produk-produk inovasi hasil penelitian, LIPI juga menyelenggarakan Science Art Competition yang digelar pada Sabtu (27/4) mendatang. Acara lomba menggambar ini  akan diikuti 150 peserta yang terdiri dari 50 siswa Sekolah Dasar, 50 siswa Sekolah Menengah Pertama dan 50 siswa Sekolah Menengah Atas.Karya pemenang akan ditampilkan di ajang IEYI (International Exhibition for Young Inventors) pada bulan Oktober mendatang.

“Sistem inovasi membutuhkan sinergi antar stakeholders juga adanya media informasi yg sangat penting dalam mempopulerkan iptek dan inovasi,” jelas Direktur Jenderal Penguatan Inovasi, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Jumain Appe saat membuka ISD 2019 pada Kamis (25/4) lalu.  

ISD adalah merupakan ajang pameran  berbagai karya teknologi bangsa Indonesia dan kegiatan sains yang didesain dengan konsep edutainment, menghibur, dan menginspirasi generasi muda dalam memajukan sains dan teknologi di Indonesia. (dra/ed: fza)

Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI