LIPI raih penghargaan pemohon paten terbanyak

LIPI raih penghargaan pemohon paten terbanyak

Denpasar, Humas LIPI. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mendapatkan penghargaan “Lembaga Pemohonan Paten Terbanyak Tahun 2018” kategori Lembaga Penelitian dan Pengembangan dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM  RI, Yasonna Laoly kepada Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI, Mego Pinandito di Denpasar, Bali pada Jum’at (26/4).

Dalam sambutannya, Yasonna Laoly menyampaikan, pemerintah terus mendorong pendaftaran paten untuk menjaga hak kekayaan intelektual dari para pencipta dan inventor. “Hasil riset menunjukkan semakin besar jumlah hak kekayaan intelektualnya, semakin positif pertumbuhan ekonominya,” ungkap Yasonna.

Selama tahun 2018, LIPI telah mengajukan paten  200 dan pada tahun 2019 ini telah mengajukan sebanyak 23 paten. “Kami berharap peneliti-peneliti  LIPI serta seluruh institusi riset di Indonesia betul-betul bisa menghasilkan paten yang akhirnya dapat meningkatkan daya saing produk-produk nasional,” jelas Deputi Bidang Jasa Ilmiah LIPI,  Mego Pinandito.

Dalam kesempatan tersebut juga diserahkan beberapa penghargaan seperti penghargaan kepada Walikota Surabaya atas didirikannya Loket Pelayanan Kekayaan Intelektual di Mall Pelayanan Publik, penghargaan konsultan kekayaan intelektual  teraktif, penghargaan kepada asosiasi yang berperan aktif dalam melakukan sosialisasi UU Hak Cipta dan Kebijakan Lembaga Manajemen Kolektif Nasional, serta penghargaan user pembayar royalti teraktif. (gws/ed: fza, dig)
Sumber : Biro Kerja Sama, Hukum, dan Humas LIPI