Pindad studi banding ke PPII LIPI dalam rangka inisiasi kerjasama bidang Manajemen Kekayaan Intelektual

Pindad studi banding ke PPII LIPI dalam rangka inisiasi kerjasama bidang Manajemen Kekayaan Intelektual

Pindad merupakan salah satu perusahaan BUMN yang memiliki tujuan komersialisasi dengan memproduksi peralatan militer. Disamping itu, pindad pun melakukan penelitian dan pengembangan industri peralatan militer. Dalam rangka menjajaki kerjasama bidang manajemen kekayaan intelektual, pindad melakukan studi banding ke Pusat Pemanfaatan Inovasi dan Iptek LIPI (PPII-LIPI) pada hari Selasa, 16 April 2019 yang lalu. “Kami merupakan industri manufaktur yang juga mengembangkan produk peralatan militer. Hasil penelitian kami belum banyak yang didaftarkan patennya. Kami butuh pendampingan dalam drafting paten. Oleh sebab itu, kami mengharapkan dapat masukan PPII-LIPI terkait pengelolaan manajemen KI.” ujar Asep Supardi Pimpinan Rombongan Tim Pindad yang melakukan studi banding ke PPII-LIPI.

Tim Pindad diterima langsung oleh Plt Kepala PPII LIPI Yan Rianto, dan Plt Kabid Manajemen Kekayaan Intelektual Harini Yaniar beserta jajaran. Pada kesempatan tersebut, Yan menjelaskan bagaimana paten yang didaftarkan LIPI mengalami peningkatkan setiap tahunnya.  “Hanya dalam kurun waktu 3 tahun, perolehan paten LIPI hampir mencapai 300 paten. Hal ini membuktikan produktivitas LIPI dalam pendaftaran paten”, ujarnya. “Bahkan setiap tahunnya kami mengadakan inventor award untuk memberikan reward kepada inventor yang berhasil mendaftarkan patennya dan telah granted” tegas Yan.

Lebih lanjut Harini menjelaskan bagaimana pengelolaan KI yang dilakukan PPII-LIPI termasuk kegiatan identifikasi, drafting, mediasi dan pendaftaran paten. PPII-LIPI sudah memiliki sistem pengelolaan KI digital bernama INTIP DAQU yaitu akronim dari Information Tracer of Intellectual Property and Document Accountability Inquiry pada tahun 2014. Gerakan ini sebelumnya dinamakan IP Centrum dan kemudian diwujudkan dalam bentuk aplikasi digital (platform) yang dinamai IP PORT. Bahkan IP PORT ini sudah dikerjasamakan dengan beberapa instansi dan perguruan tinggi.

Sebagai tindaklanjut dari pertemuan ini Tim Pindad berharap dapat diikutsertakan dalam pelatihan drafting paten yang secara berkala diselenggarakan oleh PPII LIPI untuk meningkatkan kualitas SDM Pindad dalam penyusunan dokumen paten. Mengingat Pindad sendiri telah menghasilkan produk penelitian dibidang peralatan militer yang sudah sepatutnya didaftarkan patennya. Pada akhir kunjungannya, Tim Pindad berkesempatan untuk melihat hasil produk LIPI yang ada di Ruang Display PPII-LIPI (put/thp-humas PPII).