CAPACITY BUILDING PUSAT PEMANFAATAN DAN INOVASI IPTEK – PPII LIPI

CAPACITY BUILDING PUSAT PEMANFAATAN DAN INOVASI IPTEK – PPII LIPI

Capacity Building PPII LIPI merupakan kegiatan yang pertama sejak perubahan nama Pusat Inovasi (PUSINOV) LIPI menjadi Pusat Pemanfatan dan Inovasi Iptek-LIPI. Terminal Wisata Grafika Cikole (TWGC) yang terletak di sekitar Lembang Bandung Jawa Barat menjadi lokasi tempat kegiatan tersebut yang melibatkan hampir seluruh pegawai PPII yang terdiri dari unsur pimpinan, kepala TU, kepala Bidang, Sub.bidang, Humas dan pegawai PPII. Acara yang melibatkan lebih dari 50 sivitas ini berlangsung pada hari Senin dan Selasa 15-16 April 2019. Agenda acara terdiri dari capacity building dan sharing session antar sivitas di ruangan pendopo TWGC.

Sharing Session

Pada kegiatan sharing antar sivitas dipandu oleh Bukky Suwarno dengan arahan dari pak Yan Riyanto. Pada kesempatan ini beberapa sivitas membagikan pengalaman selama menjalankan tugas dan fungsi, terutama yg menjadi salah satu core PPII LIPI yaitu bisnis dan inovasi. Pada permulaan, Rika Wulandari yang mewakili cluster Teknik Informatika dan Komputer (TIK) kawasan Bandung berbagi kiat-kiat sukses menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan animasi. Rika memulai dengan mengajak langsung perusahan dan studio yang ada pada komunitas animasi. Seperti yang diketahui LIPI memiliki sebuat fasilitas berupa render farm yang memiliki spesifikasi sebanding dengan 662 PC. Render farm ini dapat digunakan oleh perusahaan atau studio-studio yang membuat produk animasi.

Sharing dilanjutkan oleh Bapak Ridwan, pengelola ruang Workshop dan Pilot Plan yang dimiliki PPII LIPI. Ridwan menceritakan pengalaman dan pembelajaran dalam berkomunikasi dengan UMKM dan masyarakat agar memanfaatkan fasilitas yg ada di PPII. Sharing lainnya yaitu tentang pengaturan administrasi barang-barang milik negara dari Muhamad Ridwan.

 Untuk perwakilan bagian Humas PPII, Dian memberi masukan terkait penyempurnaan tampilan website terutama pada liputan atau pemberitaan kegiatan PPII. Selain itu, Dian juga menghimbau agar adanya sinergitas dalam program diseminasi (pameran) antara BKHH dan PPII dan sinergitas antara bidang Tata Usaha dan Humas PPII dalam kegiatan penerimaan kunjungan.

Sebagai pelaksana tugas yang mengepalai PPII, Yan menyampaikam beberapa pesan untuk sivitas PPII diantaranya adalah agar semua sivitas berinisiatif untuk belajar sesuatu yang baru. Kondisi saat ini di PPII dominan adalah  pegawai baru yang merupakan pindahan dari satuan kerja lain di LIPI terutama Bidang Inkubasi. Sedangkan terkait kekayaan intelektual, Yan mengarahkan agar sivitas dapat menggali informasi kepada Harini sebagai Kepala Bidang Manajemen Kekayaan Intelektual (MKI) PPII.

Disela-sela arahannya ia memberikan apresiasi kepada Rika yang menjadi contoh, dan ia mengatakan bahwa “Ada reward buat yang berprestasi”. Selanjutnya Yan menggambarkan bahwa belajar itu diibaratkan seperti orang makan, “orang kalau ga niat makan ya ga bisa makan” tegasnya.

Capacity Building

Agenda dalam Capacity Building berupa Fun Game dan Outbond. Permain ini mempunyai tujuan untuk melatih kerjasama dan kekompakkan serta saling mengenal karakter antar pegawai yang mengikuti permainan. Permainan dilakukan di luar ruangan yang dipandu oleh Tim dari Cakrawala. Antusias tampak dari seluruh peserta dalam mengikuti kegiatan permainan ini. Kedepannya diharapkan antar pegawai PPII bisa lebih mengenal satu sama lain dan dapat membangun kerjasama yang baik dalam melakukan tugas. (dk)(S.N)