Tingkatkan Minat dan Budaya Baca Masyarakat, Pemkab Natuna Gandeng LIPI untuk Memasyarakatkan Kajian Ilmiah LIPI mengenai Natuna

Tingkatkan Minat dan Budaya Baca Masyarakat, Pemkab Natuna Gandeng LIPI untuk Memasyarakatkan Kajian Ilmiah LIPI mengenai Natuna

Berdasarkan jumlah kunjungan masyarakat ke Perpustakaan Daerah, mengindikasikan bahwa minat baca masyarakat Natuna cukup rendah. Dinas Perpustakaan dan Kearsipan berupaya untuk meningkatkan kertertarikan masyarakat untuk mengunjungi perpustakaan. Hal itu diungkapkan oleh Ir. Basri, M.Si, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna, pada kunjungan ke PPII LIPI hari ini, Kamis (11/04).

Disisi lain, Pemkab Natuna akhir-akhir ini mendapat banyak kunjungan dari berbagai pihak setelah kedatangan Jokowi terkait isu perbatasan negara dan klaim perbatasan Negara lain seperti Tiongkok, Thailand, dan Vietnam. Mahasiswa IPB, UGM, Universitas Pertahanan dan perguruan tinggi lainnya, banyak yang melakukan kerja praktek di Natuna untuk kajian pertahanan dan ekonomi Natuna. Begitu tutur Basri yang disampaikan langsung kepada Plt. Kepala PPII LIPI, Dr, Yan Rianto. Dengan demikian tingkat permintaan akan informasi mengenai Natuna menjadi meningkat.  Sedangkan kemampuan penyajian informasi tersebut dari pihak Pemkab Natuna sendiri masih minim. Hal ini terjadi dikarenakan kearsipan di Pemkab Natuna belum tertata dengan rapih.

Demi mengatasi permasalahan itu diperlukan pemanfaatan teknologi informasi agar arsip daerah dapat tersimpan dalam sebuah database. Selain itu diharapkan juga dengan fasilitas tersebut, informasi dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat. Untuk pemanfaatan teknologi informasi ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Natuna berencana melakukan kerjasama dengan LIPI untuk membangun fasilitas yang diberi nama Pojok LIPI. 

Ada hal penting lainnya agar minat baca masyarakat dapat terstimulus dengan baik yaitu dengan menambah jumlah dan keragaman informasi yang akan disajikan. Konten inilah yang dijadikan fokus pada kerjasama yang akan dilakukan dengan PPII LIPI. Pojok LIPI yang akan dibangun berisikan karya ilmiah hasil penelitian-penelitian yang berkaitan dengan Natuna. Selain itu juga akan dibuka akses untuk jurnal internasional. Diharapkan konten yang disajikan oleh LIPI dapat menjadi daya tarik yang kuat untuk membangkitkan minat  baca masyarakat Natuna. (S.N)