Perkuat UMKM Kabupaten Bogor, LIPI dan Bappeda Litbang lakukan Sosialisasi Gelar Inovasi Daerah 2019

Perkuat UMKM Kabupaten Bogor, LIPI dan Bappeda Litbang lakukan Sosialisasi Gelar Inovasi Daerah 2019

Kegiatan Gelar Inovasi Daerah 2019 yang bertemakan “Pengembangan Inovasi Daerah dalam Rangka Memperkuat Program Panca Karsa di Kabupaten Bogor” dibuka pendaftarananya mulai 1 April sampai dengan 10 Juli 2019. Bappeda litbang membuka peluang bagi pelajar maupun masyarakat umum untuk mengikuti ajang perlombaan inovasi ini. “Dengan kegiatan ini diharapkan dapat merangsang minat masyarakat untuk menciptakan inovasi-inovasi yang bermanfaat baik bagi inventor maupun masyarakat Bogor” tutur Kepala Bidang Litbang Bappeda Kabupaten Bogor Drs. Iskandar Zulkarnaen, M.Sc. saat pembukaan acara.

Untuk mendukung kegiatan Gelar Inovasi Daerah khususnya untuk pembinaan UMKM di Kabupaten Bogor, LIPI melalui PPII juga melakukan sosialisasi Seleksi Tenan “untuk Inkubasi Bisnis Teknologi LIPI”. “Kesadaran UMKM terkait perlindungan merk masih rendah, jadi sosialisasi inovasi daerah ini sekaligus dengan sosialisasi inkubasi dan perlindungan merk”, Bukky menuturkan. PPII LIPI mengajak para UMKM di Kabupaten Bogor untuk bergabung mengikuti seleksi calon peserta pra-inkubasi dan inkubasi untuk menjadi Inwall Tenant Tahun Anggaran 2019. Peserta yang lolos seleksi pra-inkubasi/inkubasi di inkubator PPII LIPI akan memperoleh manfaat berupa fasilitasi inkubasi LIPI sesuai kebutuhan Inwall Tenant.

Pada sesi terakhir, Prio Adi Ramadhani, S.T dari PPII LIPI mensosialisasikan mengenai pendaftaran merek. Prio menghimbau agar para UMKM yang memiliki merek suatu produk atau jasa untuk mendaftarkan perlindungan Merek dagangnya agar membedakan produk/jasa yang dihasilkan dengan orang lain sehingga dapat meningkatkan nilai jual. Selain itu, banyak sekali manfaat dari pendaftaran merek yang dikemukan Prio. Antusiasme para pelaku UMKM terlihat saat sesi diskusi. Dengan berbagai tambahan wawasan, diharapkan kedepannya UMKM dapat lebih kuat dan berdayasaing. (T/G)(S/N)